blesscar.co.id –

HAMAMATSU – Yamaha dikabarkan telah mendaftarkan paten untuk skutik beroda tiga.

Era motor beroda tiga nampaknya semakin menarik. Setelah memiliki Niken dan Tricity, pabrikan motor asal Jepang tersebut tengah mengembangkan skutik baru dengan konfigurasi tiga roda. Calon produk baru ini menggunakan teknologi multi leaning-wheeled yang merupakan hasil pengembangan Niken.

<related> Adapun teknologi tersebut telah didaftarkan di Amerika Serikat patennya. Artinya inovasi yang dilakukan brand yang identik dengan warna biru ini, tidak bisa diadopsi oleh produsen motor lainnya. Skuter matik baru ini menggunakan suspensi depan double wishbone pada roda kiri maupun kanan.

Suspensi yang pada awalnya dikembangkan oleh perusahaan asal Norwegia yakni Brudeli Tech pada 15 tahun lalu. Dibeli haknya oleh Yamaha dan kabar yang beredar akan diterapkan pada model T-Max. skutik gambot tersebut akan semakin mentereng karena tampilannya berbeda dengan motor pada umumnya.

Sekedar mengingatkan, Yamaha baru saja melakukan penyegaran pada T-Max. Update yang dipamerkan pada awal tahun, dicibir banyak orang karena tidak banyak mengalami ubahan yang berarti. Orang-orang membandingkannya dengan Honda X-ADV yang inovatif.

Menjawab pembicaraan tersebut di atas, Yamaha menerbitkan paten untuk menghadirkan T-Max tiga roda. Tentunya ini akan menjadi pukulan telak bagi para pesaingnya, karena T-Max sendiri merupakan kendaraan yang cukup populer di Benua Eropa.

Namun yang mengherankan paten tersebut diterbitkan di negeri Paman Sam. Disebutkan bahwa pangsa pasar motor jenis skutik berbodi bongsor kurang mendapat respon positif di sana. Bahkan Tricity yang sudah lebih dulu dipasarkan tidak terlalu diminati.

Berbeda dengan Niken yang cukup sukses di beberapa negara. Perjuangan T-Max roda tiga disebut-sebut akan dihadang Can-Am Ryker. Kapasitas mesinnya cukup jauh berbeda T-Max 560 cc dan Can-Am Ryker 900 cc, membuat keduanya bukan lawan yang seimbang.

Di Indonesia Yamaha T-Max DX dipasarkan dengan harga Rp 319 juta dan diimpor langsung secara utuh (CBU) dari Jepang. Lalu pertanyaannya berapa harga yang dipatok untuk T-Max tiga roda? Pastinya akan lebih mahal. [Dew/Ari]

Mobil123