blesscar.co.id –

JAKARTA – Rasa bosan Work From Home (WFH) sejati bisa dihilangkan dengan sesekali melakukan work from car alias kerja dari dalam mobil, namun tentu ada beberapa syarat yang menyertainya.

WFH menjadi populer sejak wabah Corona melanda dunia. Di Indonesia khususnya Jakarta, WFH sudah dilakukan hampir 3 bulan sejak diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) diberlakukan.

Rasa bosan tentu mulai menyergap siapa saja yang disiplin tidak keluar rumah demi menekan penyebaran penyakit Covid-19. New Normal belakangan muncul menjadi pembicaraan, intinya menatap masa depan dengan kegiatan yang berbeda dibanding sebelum masa pandemi.

Mobil123.com mencoba menawarkan salah satu alternatif untuk mengusir rasa bosan adalah sesekali melakukan kegiatan seperti bekerja dari dalam mobil. Ide ini muncul dari apa melihat yang baru saja dilakukan Hyundai, mereka menggelar drive-in concert atau pertunjukan musik disaksikan langsung oleh penonton dalam mobil masing-masing. Konsepnya mirip dengan drive-in theater atau nonton bioskop juga dari dalam mobil dan mengapa tidak dicoba untuk Work From Car ?.

Namun demikian tentu ada beberapa syarat yang menyertainya. Anda tentu wajib mengikuti peraturan berkendara sesuai dengan protokol Covid-19 atau PSBB. Seperti mobil maksimal hanya diisi 1/2 kapasitas penumpang, menggunakan masker hingga tidak keluar dari dalam mobil. Jika harus ke luar ke toilet misalnya, Anda diwajibkan mengikuti protokol untuk menggunakan masker, menjaga jarak hingga mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer.

Selanjutnya tentu Anda harus bisa menemukan tempat yang aman dan nyaman untuk bisa parkir serta kemudian bekerja. Tak lupa, ada baiknya mobil Anda dilengkapi dengan sistem untuk menunjang pekerjaan.

Untuk pilihan Mobil, Mobil123 tertarik pada Wuling Almaz sebagai salah satu andalan dalam menunjang work from car. Hal ini tak lepas dari display head unit yang saat ini sangat besar dengan ukuran 10.4 inci, yuk kita kulik sejauh mana kemampuannya.


Pertama, kita harus melakukan mirroring antara smartphone dengan smart multimedia Almaz lewat aplikasi Easy Connect yang bisa diundung di Google Play atau App Store. Setelah itu gunakan Wuling Link sebagai penghubung baik menggunakan kabel atau wireless.

Wuling Link sendiri mendukung banyak aplikasi yang menjadi sarana informasi baik untuk menunjang pekerjaan maupun hiburan bagi masyarakat modern. Di antara yang disebutkan adalah Facebook, Line, YouTube, Google, Gmail, Instagram, Google Maps, JOOX, Whatsapp hingga Spotify.

“Display head unit Almaz berteknologi layar sentuh, dengan layar besar tentu dapat memudahkan pengoperasiannya. Memiliki basis Adroid yang user friendly, penumpang dapat membaca atau membalas email. Untuk koneksi internetnya sendiri tergantung dari smartphone yang terhubung dengan perangkat di Almaz,” jelas Danang Wiratmoko, Product Planning Wuling Motors.

Kita juga memungkinkan untuk melakukan video conference dengan memanfaatkan smart multimedia Almaz, namun dalam kondisi yang terbatas. Ketika handphone terhubung dengan bluetooth ke head unit Almaz, semua panggilan baik itu seluler maupun berbasis internet seperti WA call, Zoom dan lainnya akan masuk. 

Namun untuk yang komunikasi dengan tampilan seperti video call, gambar tidak akan muncul di layar 10.4 inci tersebut. Ini karena perangkat ini tidak dilengkapi kamera, yang akan masuk hanya sebetas suara. Jadi masih tetap bisa berkomunikasi namun tanpa gambar. Gambar hanya bisa dipantau melalui smart phone Anda.

Hal menarik dari layar display besar milik Almaz adalah bisa melakukan presentasi di dalam mobil. Misal, Anda ingin memberikan materi prestasi tapi tidak membawa laptop, materi bisa lebih jelas ditampikan di layar 10.4 inci. Namun tetap jika Anda mengundang klien ke dalam mobil wajib memperhatikan standar protokol Covid-19.

Terakhir, terlepas dengan keunggulan sistem multimedia sebuah mobil, sejatinya Anda cukup membawa laptop, converter charger mobil dan modem internet. Kemudian Anda bisa bekerja di mana saja dengan syarat harus mengikuti standar protokol Covid-19 dan mencari tempat yang aman serta nyaman untuk bekerja.

Selain itu, agar lebih nyaman siapkan perbekalan sesuai yang Anda butuhkan baik makanan atau minuman. Jika akan berlama-lama pastikan ada toilet bersih di sekitar Anda parkir. Work For Car sendiri tidak dianjurkan untuk setiap hari dilakukan, karena biar bagaimana bekerja di rumah adalah solusi terbaik guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19. [Ari]

Mobil123