blesscar.co.id –

JAKARTA – Toyota menilai Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2020 pada Oktober bisa menjadi kesempatan yang tepat menghadirkan mobil listrik pertama mereka di Nusantara. Namun, semua tergantung dari situasi pandemi virus Corona ketika itu.

Pada pertemuan akhir tahun lalu, Toyota sudah mengungkapkan rencana meluncurkan mobil plug-in hybrid (PHEV), hybrid, dan mobil listrik murni di Indonesia pada 2020. Model PHEV yang dimaksud, Prius, sudah meluncur pada kuartal pertama, di tengah pandemi virus Corona.

Akan tetapi, kelanjutan rencana peluncuran mobil hybrid dan mobil listrik murni di tengah pandemi ini belum jelas. Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran PT. Toyota Astra Motor (TAM), ketika ditanyakan hal tersebut mengatakan pihaknya ‘tetap berkomitmen meluncurkan mobil listrik’.

“Untuk mobil listrik, kami tetap berkomitmen. Kami akan tetap kontinyu melaksanakan komitmen itu karena mobil listrik ini jangka panjang, tidak hanya tahun depan tapi untuk seterusnya. Ini adalah salah satu teknologi masa depan,” ucap dia dalam diskusi virtual dengan media massa lewat Live Instagram pada awal pekan ini.

Sayangnya, Anton tidak menjelaskan dengan tegas apakah komitmen tersebut pasti dipenuhi tahun ini sesuai rencana awal atau tidak. Menurutnya, Toyota punya ‘banyak produk baru dan perubahan – perubahan baru’, tapi mereka belum memutuskannya karena akan ‘melihat kondisi pasar dan persiapan peluncuran’ dalam kondisi pandemi.

“Peluncuran mobil, kan, juga salah satu bagian dari strategi. Strategi itu perlu disesuaikan dengan keadaan saat ini baik ekonomi maupun Covid-19,” tandasnya.

Saat ini Toyota menjual lima mobil listrik di Tanah Air, baik hybrid maupun PHEV. Kelimanya adalah Camry, Corolla Altis, Alphard, C-HR, plus Prius PHEV.

Lirik GIIAS
GIIAS 2020 sendiri menjadi opsi yang menarik bagi Toyota, untuk memperkenalkan mobil listrik maupun hybrid mereka di Tanah Air. Menurut merek mobil terpopuler sejagad itu, GIIAS adalah momentum yang bagus.

“Harapan kami, pada Oktober, situasi sudah membaik, semua sehat, Covid-19 sudah lewat sehingga kita bisa bertemu langsung di GIIAS. GIIAS menarik karena tak hanya menjadi ajang jualan tapi juga edukasi,” pungkas Anton.

Sekadar mengingatkan, penyelenggaraan GIIAS 2020 di Serpong, Tangerang baru saja resmi diundur karena pandemi. Jadwal yang tadinya 7 – 17 Agustus diganti menjadi 22 Oktober – 1 Oktober. [Xan/Ari]

Mobil123