blesscar.co.id –

JAKARTA – Toyota Indonesia menyiapkan solusi mobilitas dalam membawa spesimen pasien Corona Virus Disease 2019 (Covid-19 ) menuju ke laboratorium pengujian.

Bekerja sama dengan Toyota Mobility Foundation (TMF), Toyota Indonesia telah menyediakan empat kendaraan Avanza yang terhubung dan di sanitasi untuk 4 Puskesmas yang di daerah Cilincing, Koja, Pademangan dan Penjaringan serta 2 Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di daerah Tanjung Priok dan Bekasi.

Layanan ini akan membantu antar jemput petugas medis dalam mengantar spesimen pasien menuju ke Laboratorium pengujian. Dengan demikian, spesimen dapat tiba di laboratorium dengan cepat dan aman.

 “Melengkapi apa yang telah kami lakukan sebelumnya, kami bersyukur atas kerja sama dengan Toyota Mobility Foundation (TMF) ini dan kami berharap kegiatan ini dapat mendukung pekerjaan tenaga medis secara efektif ketika mereka berjuang melawan COVID-19, terutama di Indonesia,” kata Susumu Matsuda, President Director PT. Toyota-Astra Motor.

Agar layanan ini dapat bekerja secara efisien, disediakan sistem berbentuk aplikasi “On-Demand” dengan opsi untuk melakukan pre-booking pada layanan ini. Dengan ini tenaga medis akan lebih mudah dalam melakukan pemesanan layanan antar-jemput, serta melalui rute yang efektif dan efisien yang dihasilkan oleh aplikasi berdasarkan lokasi dan waktu penjemputan penumpang.

Saat pengantaran spesimen pasien, kendaraan, penumpang maupun driver telah diberikan standar operasional. Hal ini untuk menjaga kegiatan berlangsung secara aman dan memperhatikan protokol kesehatan.

Mereka telah dilengkapi dengan alat pelindung diri, penyediaan hand sanitizer, melakukan penyemprotan disinfektan pada kendaraan secara rutin, menyediakan air purifier pada kendaraan, menyediakan separator di dalam kendaraan, seat dilapisi dengan plastik yang diganti secara berkala, menerapkan physical distancing serta menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Sejumlah perusahaan otomotif di Indonesia memang telah melakukan beragam cara untuk membantu Pemerintah mengatasai pandemi Covid-19. Pemberian kendaraan operasional serta dukungan dana dinilai menjadi pilihan paling tepat.

Sayangnya, semua usaha tersebut ternyata masih belum bisa membuat Covid-19 pergi dari Indonesia. Saat ini, jumlah kasus positif Covid-19 justru terus bertambah dan di beberapa daerah justru belum menemukan puncaknya.

Tercatat, hingga tanggal 8 Juni 2020 ada penambahan 847 kasus baru sehingga total kasus Covid-19 di Indonesia menjadi 32.033 orang. Kemudian untuk pasien sembuh menjadi 10.904 orang setelah ada penambahan sebanyak 406 orang. Selanjutnya untuk kasus meninggal bertambah 32 orang sehingga totalnya menjadi 1.883 orang. [Adi/Ari]

Mobil123