blesscar.co.id –

KARAWANG – Toyota Indonesia menyerahkan 2 unit Kijang Innova Ambulance dan 3.000 Alat Pelindung Diri (APD) kepada Pemerintah Daerah (Pemda) Karawang.

APD yang diserahkan tersebut terdiri dari Protection Clothes, Disposable Medical Mask, Medical Goggle, Face Shield dan Disposable Mask. Diharapkan bantuan tersebut dapat membantu Pemerintah dalam menghadapi pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

“Kami berharap semoga bantuan berupa unit kendaraan ambulance, peralatan APD, dan beras sebagai bahan pangan pokok masyarakat ini dapat membantu warga di Karawang,“ ujar Edward Otto Kanter, Wakil Presiden Direktur PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN).

Donasi ini merupakan rangkaian dari aktivitas corporate social responsibility Toyota dalam menghadapi COVID-19. Sebelumnya dari total 17 unit Kijang Innova ambulance yang akan didonasikan ke berbagai instansi.

Sedikitnya sudah ada 9 unit Kijang Innova ambulance diserahkan kepada Palang Merah Indonesia, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan Pemda DKI Jakarta. TMMIN juga bekerjasama dengan dealer, supply chain dan afiliasi untuk menyerahkan 105.000 APD dan 34.800 face mask.

TMMIN juga telah memberikan bantuan langsung berupa paket bahan pokok dan kebutuhan untuk menjaga kebersihan diri untuk mencegah penularan Covid-19. Mulai dari hand sanitizer, masker kain, sabun cuci tangan antiseptik, alat pencuci tangan portabel serta kebutuhan lainnya kepada masyarakat di lingkungan sekitar dan dealer Toyota di seluruh Indonesia.

Selain itu mereka juga bekerjasama dengan akademia seperti Universitas Indonesia dan beberapa supply chain Toyota dalam pengembangan berbagai Alat Pelindung Diri seperti flocked swab, medical google, hazmat suit, bag valve mask, dan face shield. Seluruh langkah tersebut diharapkan bisa memperlihatkan keseriusan Toyota dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Namun, semua langkah tersebut tidak akan efektif bila Pemerintah dan masyarakat tidak disiplin dalam menghadapi pandemi. Hal ini terlihat dari tercapainya rekor baru kasus positif Covid-19 harian pada hari Selasa, 9 Juni 2020.

Tercatat, sedikitnya ada 1043 kasus postif baru Covid-19 di Indonesia yang tersebar di berbagai daerah. Ini adalah jumlah tertinggi sejak Pemerintah mengumumkan kasus postif Covid-19  di Indonesia pada bulan Maret 2020.

DKI Jakarta yang sudah memasuki PSBB Masa Transisi pun mendapatkan tambahan kasus positif sebanyak 239 orang. Ini adalah rekor baru penambahan kasus positif terbanyak. Ini tentunya sangat disayangka karena sebelumnya Jakarta berhasil menurunkan jumlah kasus baru hingga hanya 2 digit. [Adi/Ari]

Mobil123