blesscar.co.id –

JAKARTA – Toyota menegaskan bahwa recall bukanlah sesuatu yang tidak lazim dilakukan oleh pabrikan kendaraan.

Sebaliknya, recall justu bisa memperlihatkan bahwa pabrikan peduli oleh keselamatan pemilik kendaraan. Terlebih, bila recall dilakukan karena adanya kerusakan pada fitur keselamatan berkendara seperti yang terjadi pada Toyota Alphard dan Vellfire.

“(Recall) Alphard ini bukan sesuatu yang upnormal ya. Memang selalu ada situasi dimana Kami harus melakukan recall. Dan ini Saya rasa merupakan bagian dari kampanye keselamatan karena sefety belt merupakan salah satu fitur yang sangat penting. Jadi kami harus pastikan bahwa item ini berfungsi dengan baik,” ungkap Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM).

Ia pun menambahkan bahwa untuk recall Toyota Alphard dan Vellfire sudah dilaporkan kepada Pemerintah. Dalam penananannya akan dilakukan sesuai dengan prosedur kesehatan untuk menghindari terjadinya penularan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Sebelumnya diberitakan bahwa Toyota melakukan recall terhadap dua MPV termewah mereka yaitu Alphard dan Vellfire. Recall ini dilakukan karena adanya potensi tidak berfungsinya dengan baik mekanisme penguncian pada Seat Belt kendaraan.

Sedikitnya ada 305 unit kendaraan produksi bulan Agustus dan Septermber 2019 yang terlibat dalam recall ini. Perbaikan bisa dilakukan dengan cepat dari 30 hingga 60 menit karena kerusakan dinilai cukup ringan. Dengan demikian pelanggan Toyota tidak perlu menunggu lama saat kendaraan diperbaiki kerusakannya.

Proses pengecekan dan penggantian akan dilakukan di bengkel resmi Toyota dan tanpa biaya sama sekali. Himbauan akan disampaikan Toyota kepada pelanggan melalui surat resmi maupun melalui saluran komunikasi seperti di media massa dan situs resmi Toyota.

Seluruh jaringan Toyota juga dilibatkan untuk memastikan pelanggan dapat segera melakukan penggantian Seat Belt. Pelanggan bisa menghubungi jaringan outlet resmi Toyota terdekat yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, serta dapat menghubungi Toyota Customer Care (24 jam) di nomor telpon 1-500-315. [Adi/Ari]

Mobil123