blesscar.co.id –

TOKYO – Toyota akan mekukan lelang amal koleksi mobil Formula One (F1) 2009 mereka untuk bantuan Covid-19.

Beragam cara dilakukan untuk berdonasi membantu meringankan kesulitan yang ditumbulkan akibat wabah Corona. Salah satu yang unik dilakukan Toyota dengan melelang mobil F1 2009 mereka, hasilnya akan disumbangkan ke  International Federation of Red Cross dan Red Crescent Societies.

Lelang mobil F1 tentu menjadi salah satu kesempatan langka bagi para kolektor mobil papan. Karena ini akan menjadi koleksi berbeda jika dibandingkan dengan jejeran hypercar edisi terbatas yang biasanya sudah mejeng di garasi atau ruang pamer mereka.


Mobil F1 Toyota 2009 ini sendiri memiliki nomor sasis 01 berkode TF109. Jet darat ini dijadikan andalan untuk melakukan serangkaian tes jelang musim balap F1 2009.

Beberapa pembalap ternama seperti Henkie Waldschmidt, Jarno Trulli dan Timo Glock pernah menguji mobil ini habis-habisan. Namun mobil ini tidak pernah mengikuti lomba sama sekali karena memang dikhususkan untuk melakukan tes.

Setelah tugasnya berakhir, TF109 ternyata tidak berhenti bertugas lalu masuk musium Toyota. Mobil ini ternyata kemudian diberikan kepada pabrikan ban Pirelli guna kebutuhan pengujian ban dan kecepatan tinggi serta kemudian pensiun pada 2011 setelah menempuh jarak 30 ribu km. Jarak tempuh yang sangat besar untuk sebuah mobil F1.

Sejak masuk masa pensiun sasis 01 ini kemudian tidak melakukan kegiatan apapun. Dan mesin V8 2.4-liter andalannya tetap terpasang dengan baik namun tidak diketahui apakah masih bisa hidup dan berjalan. 


Hal ini tentu menjadi salah satu pertimbangan para calon peserta lelang. Karena bukan hal mudah untuk menghidupkan mesin dan juga mengendarai dengan baik mobil F1, butuh tim teknisi yang benar-benar terbiasa menanganinya.Ini lebih cenderung menjadi karya seni bergulir daripada memulai karir balap kedua.

Balai lelang mobil klasik ternama RM Sotheby yang dipercaya untuk melakukan proses ini belum memberikan perkiraan nilai tawar tertinggi. Sulit memang untuk memberikan nilai dari sebuah mobil F1, namun diprediksi tembus di angka jutaan dollar. 

Waktu lelang sendiri akan berlangsung secara online mulai 15 Juni dan berakhir 22 Juni 2020. Selain TF109 sasis 01, terdapat juga memorabolia F1 lainnya seperti baju balap Sebastian Vettel pada musim 2019, satu set peralatan yang ditandatangani oleh Lewis Hamilton dan berkesempatan untuk satu hari merasakan simulator balap Ferrari. [Ari]

Mobil123