blesscar.co.id –

TOKYO – Toyota berhasil menjual belasan juta unit mobil hybrid di seluruh dunia dalam dua dekade.

Toyota baru-baru ini mengumumkan pencapaian penjualan 15 juta mobil hybrid secara global. Merek ini pertama kali menjual mobil hybrid 23 tahun lalu, tepatnya dengan meluncurkan Prius pada 1997.

Pabrikan ini sendiri baru memutuskan untuk membuat mobil hybrid 25 tahun lalu, tepatnya pada 1995. Ketika itu, tim Toyota yang dikomandani Takeshi Echiyamada dibebankan tugas mengembangkan kendaraan yang punya tingkat polusi lebih rendah untuk abad ke-21.

Penjualan 5 juta unit pertama tercapai pada 2013, atau 16 tahun setelah Prius generasi pertama muncul. Volume lalu terakselerasi dengan sangat cepat sehingga tambahan penjualan 10 juta unit bisa digapai 4 tahun setelah itu (2017).

Merek mobil terpopuler di dunia tersebut bergerak lebih agresif lagi di sektor mobil hybrid, yang menggabungkan antara mesin pembakaran internal (Internal Combustion Engine/ICE) dengan baterai listrik. Alhasil, volume penjualan  total 15 juta unit pun direngkuh di awal kuartal kedua 2020.

Toyota serta Lexus—merek premium dari Toyota—punya 44 model mobil hybrid plus plug-in hybrid (PHEV) secara global. Di antaranya adalah Prius hybrid, Prius PHEV, Corolla, Camry, Alphard, C-HR, ES, LS, UX, NX, RX dan LC.

Mereka mengestimasi bahwa selama 23 tahun, mereka telah mengurangi emisi gas buang sebanyak lebih dari 120 juta ton berkat mobil hybrid dan PHEV tersebut. Kedua teknologi ini pada masa mendatang juga bakal memainkan peran vital untuk mematuhi regulasi emisi gas bunag di Eropa.

“Berkat penjualan hybrid-lah, Toyota dalam jalur yang benar untuk mencapai target 95g/km dari Uni Eropa pada 2020 dan 2021 di Eropa, di mana regulasi CO2-nya adalah yang terketat di dunia. Keunggulan dari mobil hybrid kami adalah kemampuannya untuk berjalan tanpa emisi di sebagian besar waktu pemakaiannya di perkotaan,” kata keterangan resmi Toyota.

Di Indonesia, Toyota kini memasarkan lima mobil hybrid dan semuanya sudah dijajal oleh Mobil123.com. Kelimanya adalah Camry, Corolla, Alphard, C-HR, serta Prius PHEV yang baru dirilis pada 2020 sebagai taksi terlebih dahulu.

Agen pemegang merek Toyota di Nusantara mengaku masih akan menambah model hybrid mereka tahun ini. Ada pula model mobil listrik murni. [Xan/Ari]

Mobil123