blesscar.co.id –

BOSTON – Bentley melakukan recall terhadap hampir 2.000 unit Bentley Bentayga di Amerika Serikat karena masalah pada saluran bahan bakar.

Mobil papan atas dengan harga selangit tidak jadi jaminan untuk bebas dari masalah. Salah satu bukti terkininya adalah kasus yang menimpa SUV kelas sultan, Bentley Bentayga.

Malfungsi atau kerusakan yang terjadi ternyata pada bagian sangat rentan untuk menjadi sumber kebakaran yakni pada saluran bahan bakarnya diketahui mudah bocor. Dan kasus ini terjadi pada Bentayga produksi 26 Juli 2018 hingga 15 Januari 2020.

Bentley sendiri sangat bertanggung jawab atas kasus ini. Dan kemudian menyerahkan dokumen terkait recall ini ke National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) atau badan keselamatan lalu lintas dan jalan raya Amerika Serikat.

Dalam dokumen tersebut dijelaskan bahwa konektor saluran bahan bakar yang ada pada Bentayga mudah rusak jika terkena suhu panas pada ruang mesin. Dalam catatan Bentley, para pemilik Bentayga banyak yang mengalami kasus tersebut dengan indikasi tercium bau bensin dari ruang mesin dan ini jelas menandakan konektor saluran bahan bakar sudah rusak.

Secara spesifik, kerusakan ini terjadi pada Bentayga dengan mesin V8 saja. Sementara varian mesin W12 aman karena kemungkinan menggunakan kanektor dengan material dan posisi berbeda.

Sampai berita ini dibuat, juru bicara Bentley menyebutkan belum ada satu pun masalah yang dari kasus ini. Baik yang menyebabkan kecelakaan, cedera bahkan korban jiwa, pihaknya melakukan tindakan preventif melakukan recall berdasarkan hasil riset para engineer mereka setelah mendengar keluhan pelanggan soal bau bensin dari ruang mesin tadi.

Para engineer juga telah melakukan desain ulang pada konektor bahan bakar tersebut terutama pada posisi penempatannya. Kini konektor tersebut diletakkan di tempat lebih baik dan tidak terlalu terpapar langsung oleh bagian mesin yang panas.

Bagi pemilik Bentayga yang terdampak juga diberi kemudahan dalam melakukan perbaikan. Tinggal datang ke dealer dan kemudian perbaikan akan selesai dalam waktu 1 jam.

Tentu hal sepele bagi para pemilik SUV kelas sultan ini. Biasanya tinggal memerintahkan driver untuk melakukan perbaikan ke dealer, sementara sang pemilik bisa menggunakan 8 mobil lainnya yang parkir di garasi rumah merekadan kemungkinan pergi ditemani supir cadangan pula. [Ari]

Mobil123