blesscar.co.id –

JENEWA – Susunan pembalap MotoGP 2021 mulai terbentuk meskipun ada beberapa tim yang masih memiliki bangku kosong.

Dirangkum oleh Crash.net, susunan sementara pembalap MotoGP 2021 menunjukkan sejumlah pembaruan tim. Aleix Espargaro menjadi nama terakhir yang memperbaharui kontraknya bersama Aprilia MotoGP Team.

Pembalap Spanyol tersebut akan melanjutkan karir bersama tim Aprilia yang hingga saat ini, masih mengembangkan performa maksimal dari motornya. Sebelumnya Jack Miller dikonfirmasi telah naik kelas dari tim satelit Pramac Ducati ke tim pabrikan dengan menggeser posisi Danilo Petrucci.

Selain dua pembalap tersebut di atas, kontrak baru juga telah dilakukan sebelumnya oleh tim lainnya. Marc Marquez akan menjadi pembalap Repsol Honda hingga 2024. Kontrak selama empat tahun, membuat tim pabrikan lain segan ingin membajaknya.

Kabar paling menarik lainnya datang dari tim Yamaha. Selain memperpanjang kontrak dengan Maverick Vinales, mereka mengutus Fabio Quartararo untuk menggantikan posisi Valentino Rossi. Kabar ini sungguh mengejutkan karena Rossi merupakan mega bintang di kejuaraan balap motor paling populer sedunia.

Rossi sendiri dijadwalkan akan bergabung dengan tim satelit Yamaha Petronas. Meskipun dijanjikan akan mendapat motor yang sama dengan tim pabrikan, namun banyak pihak menyangsikan Rossi mampu bersaing dengan tim inti.

Masalah yang menghadang tim Yamaha adalah penolakan dari para tifosi Rossi karena digantikan oleh Quartararo. Pembalap asal Perancis tersebut sudah mengemukakan kekhawatirannya akan diserang fans The Doctor, seperti yang dialami Marquez sebelumnya.

Suzuki melakukan perpanjangan kontrak dua pembalapnya di masa pandemi. Alex Rins dan Joan Mir tetap membela Suzuki Ecstar hingga akhir musim 2022. Rins menjadi tumpuan pabrikan berlambang S tersebut untuk mendulang poin hingga naik podium seperti yang dilakukannya pada musim 2019.

Beberapa tim pabrikan masih belum menentukan pembalap untuk musim 2021. Seperti Pol Espargaro yang digosipkan akan bergabung dengan Honda. Meskipun pernah disangkal oleh Alberto Puig yang merupakan manajer tim Repsol Honda, namun kabar burung itu terus bergulir.

Tim Aprilia sendiri masih belum menentukan nasib Andrea Iannone karena tersangkut masalah doping. Pembalap Italia tersebut masih harus berurusan di meja hijau, guna menentukan masa depannya. Kursinya sendiri dibidik oleh Danilo Petrucci yang masih berhasrat untuk tetap di MotoGP. [Dew/Ari]

Susunan pembalap MotoGP 2021 :

Repsol Honda
Marc Marquez (akhir musim 2024)
Alex Marquez (akhir musim 2020)

Monster Yamaha
Maverick Vinales (akhir musim 2022)
Fabio Quartararo (akhir musim 2022)

Ducati Corse
Jack Miller (akhir musim 2021)
Andrea Dovizioso (akhir musim 2020)

Suzuki Ecstar
Alex Rins (akhir musim 2022)
Joan Mir (akhir musim 2022)

Red Bull KTM
Pol Espargaro (akhir musim 2020, digosipkan ke Honda)
Brad Binder (akhir musim 2020)

Aprilia
Aleix Espargaro (akhir musim 2022)
Andra Iannone (akhir musim 2020)

Tech3 KTM
Miguel Oliveira (akhir musim 2020)
Iker Lecouna (akhir musim 2020)

Pramac Ducati
Francesco Bagnaia (akhir musim 2020)
Jorge Martin (rumor)

Avintia Racing
Johann Zarco (akhir musim 2020)
Tito Rabat (akhir musim 2021)

Petronas Yamaha Sepang
Franco Morbidelli (akhir musim 2020)
Valentino Rossi (?)

Mobil123