blesscar.co.id –

JAKARTA – Rolls-Royce menghadirkan miniatur SUV mereka, Cullinan, yang sengaja diciptakan untuk menjadi mainan baru orang kaya di masa pandemi virus Corona (Covid-19). Miniatur tersebut dibuat dengan amat detail dengan waktu pengerjaan lebih dari 400 jam.

Replika Cullinan yang dibuat langsung oleh Rolls-Royce, menurut keterangan resmi yang diterima Mobil123.com pada akhir pekan, berskala 1:8. Pabrikan otomotif asal Inggris itu membuatnya langsung di markas mereka di Goodwood, Sussex Barat.

 “Karena kesenangan untuk mengemudikan mobil telah berkurang karena pandemi Covid-19, beberapa kemewahan kecil lainnya telah muncul yaitu replika skala 1:8 otentik dari Cullinan full-size,” tulis merek yang sudah diakusisi oleh BMW Group tersebut dalam pernyataan pers.

Pembuatan setiap replika memakan waktu 450 jam. Ini adalah separuh dari waktu perakitan Cullinan asli, dari nihil sampai selesai.

Pengerjaan yang sangat lama tersebut bukan tanpa alasan karena Replika Cullinan dibuat amat mirip dengan aslinya. Bahkan, para klien Rolls-Royce dapat meminta miniaturnya dibuat sama persis dengan Cullinan yang dimiliki.

“Itu menunjukkan, dan mengingatkan kita sebagai sebuah perusahaan, bahwa Inspiring Greatness berlaku di setiap skala. Ini bukan hanya tentang hal-hal besar: kita mencari dan mencapai kebesaran dalam segala hal yang kita lakukan, hingga ke hal terkecil dan detail terkecil,” kata Torsten Müller-Ötvös, Kepala Eksekutif, Rolls-Royce Motor Cars.

Masing-masing miniatur Cullinan dibuat secara individual dan teliti sesuai spesifikasi klien serta memiliki lebih dari 1.000 komponen individu. Replika dilukis dengan tangan menggunakan cat Rolls-Royce, kemudian dipoles dengan tangan pula, sesuai dengan spesifikasi marque.

Semua bagian digarap menyerupai mobil Roll-Royce sungguhan. Bahkan, material jok kursi beserta sulaman-sulamannya sama persis. Klien dapat memilih warna dari 40 ribu warna ‘standar’, atau melakukan personalisasi semua mereka.

Di antara bagian-bagiannya adalah lampu eksterior yang berfungsi penuh dioperasikan oleh remote control bermerek Cullinan. Di bawah kap adalah kemiripan sempurna dari mesin V12 6.75 liter twin-turbocharged yang ikonik.

Sayang, harganya tidak disebutkan. Tapi, apa yang dijual oleh Rolls-Royce bisa dipastikan tak akan murah dan bisa terbeli oleh orang kebanyakan. [Xan/Ari]

Mobil123