blesscar.co.id –

KERALA – Vespa 98 racikan Mightyseed Design benamkan aura futuristik yang membuatnya canggih.

Tidak seperti hasil desain racikan India biasanya, Mightyseed Design menjadikan Vespa 98 bak skuter dari masa depan. Rumah desain asal negeri Bollywood tersebut merancang ulang skuter nan ikonik menjadi kian bernilai.

Semua penggemar skuter asal Italia ini pasti paham bahwa Vespa 98 merupakan salah satu kendaraan ikonik yang bersejarah. Kuda besi yang diproduksi pada 1946 ini bahkan dalam kondisi yang mengenaskan sekalipun, bisa dibanderol Miliaran Rupiah.

Vespa 98 ini terlahir kembali sebagai kendaraan listrik. Bodinya tetap membulat dan nyaris tanpa lekukan tegas. Meskipun dibuat ulang, namun ciri khas sebagai Vespa 98 tetap dipertahankan seperti setang atau alat kemudi yang polos, bahkan spion juga tidak memiliki tempat.

Namun sebagai motor listrik, Mightyseed Design dengan ciamik menempatkan panel instrumen mungil di balik setang. Informasi seputar kendaraan ini hanya bisa terlihat dari sisi pengendara. Adapun informasi yang disajikan meliputi kapasitas baterai, mode berkendara hingga kecepatan.

Bagian depannya tetap mempertahankan ciri khas lampu utama di atas fender atau spakbor depan. Desainnya sedikit dikembangkan dari aslinya, guna bisa sedikit menyembunyikan kaliper rem cakram dan suspensi. Lampu utama motor ini mendapat penyesuaian karena bentuknya kini pipih dan berteknologi LED.

Paling menarik adalah bagian tengah motor hingga ke belakang. Selain landai dan hanya menyediakan satu buah kursi seperti versi aslinya, terdapat beberapa emblem yang terbuat dari LIDAR (Light Detection and Ranging), sama seperti lampu belakangnya.

Joknya juga didesain unik meskipun ukurannya cukup kecil. Deknya rata dengan tambahan garis-garis lurus yang berguna untuk mencegah slip. Rem belakang absen pada kendaraan ini karena berpindah ke tuas di bagian setang.

Vespa 98 racikan Mightyseed ini tetap mempertahankan laci penyimpanan yang terletak di bawah alat kemudi. Terdapat satu lagi kotak kecil di belakang tumit kaki, namun tidak dijelaskan fungsinya. Lalu hanya ada satu buat dudukan pelat nomor di bodi belakang kendaraan.

Kendaraan listrik ini menggunakan baterai lithium-ion berkapasitas 30 amp-hour yang terletak di bawah jok. Vespa 98 racikan rumah modifikasi asal India ini bahkan terlihat lebih cantik daripada Vespa Elettrica, bagamana menurut kalian? [Dew/Ari]

Mobil123