blesscar.co.id –

JAKARTA – Toyota Astra Motor (TAM) merecall ratusan Alphard dan Vellfire di tengah Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Kedua MPV termewah dan termahal Toyota ini harus di recall karena ada masalah pada fitur keselamatannya yaitu safety belt. Hal itu disebabkan karena adanya potensi tidak berfungsinya dengan baik mekanisme penguncian pada Seat Belt kendaraan. Masalah ini membuat Toyota harus melakukan penggantian pada fitur keselamatan tersebut.

“Jadi memang ada recall untuk Toyota Alphard dan Vellfire, berupa penggantian seat belt untuk beberapa produk di waktu tertentu. Jumlahnya tidak banyak, hanya 305 unit Alphard dan Vellfire yang diproduksi di bulan Agustus dan Septermber 2019,” ungkap Anton Jimmi Suwandy, Marketing Director PT TAM.

Ia pun mengungkapkan bahwa perbaikan ini bisa dilakukan dengan cepat dari 30 menit hingga 4 jam tergantung jenis kerusakan dan tindakan yang dilakukan. Pelanggan  disarankan untuk melakukan booking service agar tidak perlu menunggu lama dalam antrian.

Proses pengecekan dan penggantian ini dilakukan di bengkel resmi Toyota dan tanpa biaya sama sekali (gratis). Himbauan ini disampaikan Toyota kepada pelanggan melalui surat resmi maupun melalui saluran komunikasi seperti di media massa dan situs resmi Toyota.

Seluruh jaringan Toyota juga dilibatkan untuk memastikan pelanggan dapat segera melakukan penggantian Seat Belt . Pelanggan bisa menghubungi jaringan outlet resmi Toyota terdekat yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, serta dapat menghubungi Toyota Customer Care (24 jam) di nomor telpon 1-500-315.

Selain itu, pelanggan dapat juga mengunjungi website resmi Toyota di www.toyota.astra.co.id/ssc. Cukup dengan memasukkan nomor rangka, maka akan muncul informasi apakah kendaraannya masuk dalam kampanye penggantian Seat Belt Alphard dan Vellfire tersebut.

Jika kendaraannya masuk ke dalam kampanye ini, maka pelanggan dapat langsung menghubungi bengkel resmi Toyota terdekat atau yang diinginkan. Dan kemudian tentu akan dilakukan pengecekan dan penggantian Seat Belt jika diperlukan. [Adi/Ari]

Mobil123