Sering kali pengguna mobil salah kaprah dalam melakukan perawatan radiator, begini penjelasannya!

Jakarta, blesscar.co.id  –    Para pengguna mobil banyak yang tidak memperhatikan radiatornya, padahal radiator ini berfungsi sebagai pendingin mesin. Jika mesin mobil yang cepat panas atau overheat dapat berakibat buruk pada mesin. Namun, beberapa pengguna mobil masih banyak yang bingung apakah air radiator harus menggunakan coolant atau air biasa.

Menurut CEO Wealthy Group, Arief Hidayat, pengguna kendaraan masih banyak yang kurang paham memilih cairan pendingin yang ujungnya malah merugikan pemilik kendaraan, seperti mesin jadi cepat panas atau overheat yang dapat berakibat buruk pada mesin. Piranti radiator berfungsi sebagai pendingin mesin.

“Mobil dan motor modern tentunya menggunakan radiator untuk mendinginkan mesin,” paparnya di Jakarta, baru-baru ini.

Penjelasan tentang produk Wealthy

Arief menjelaskan, tidak ada istilah coolant untuk mobil baru atau mobil lawas. Menggunakan coolant, menurutnya, hanya persoalan memilih dan merawat radiator dengan baik maupun tidak. “Pertama harus dilihat dulu kondisi radiator, apakah dalamannya bersih dan terawat, dalam artian tidak ada kotoran dalam ply atau terdeteksi korosif seperti warna air yang keruh,” ungkapnya.

Arief menyarankan agar radiator dikuras terlebih dahulu. Kemudian isi lagi dengan air yang baru hingga air di dalam water jacket bertukar dan warna di bibir air radiator juga jernih. “Biasanya radiator seperti itu sebelumnya diisi air sulingan atau air biasa. Kalau sudah bersih total masukkan coolant yang memiliki kandungan yang baik untuk mesin,” terang Arief.

Lebih lanjut Arief memaparkan, jika radiator berkarat dan berlumut, pasti akan menyebabkan masalah. Lumut yang tumbuh di saluran pipa radiator bisa membuat mampet. Sehingga air tidak bisa bersirkulasi dan membuat proses pendinginan mesin terganggu. Temperatur mesin menjadi tinggi dan bisa membuat mobil panas atau over heating.

“Wealthy Radiator Coolant Hybrid dapat mengurangi panas berlebih. Coolant dari Wealthy ini diklaim punya proteksi tambahan antikarat, korosi, anti lumut dan anti pembentukan endapan di dalam sistem radiator. Formulanya dilengkapi dengan aditif yang mampu memberikan lubrikasi pada pompa atau waterpump. Sehingga pompa pemutar air ini tidak gampang macet,” jelas Arief.

Beberapa macam produk Wealthy

Diklaim pihaknya, produk ini cocok untuk semua jenis mobil. Baik mobil Jepang, Korea, Eropa, dan Amerika. Juga sesuai dengan mobil bermesin bensin dan diesel. Selain di berbagai bengkel rekanan, Wealthy Radiator Coolant Hybrid juga tersedia di e-commerce.

 

Comments

0 comments


Click to comment

Leave a Reply

Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Okezone