Jakarta, blesscar.co.id- Pada situasi pandemic covid-19 ini, banyak hal yang mengharuskan kita semua tetap di rumah. Selain tidak bisa beraktivitas seperti biasa, pastinya kendaraan juga jarang diperhatikan atau mungkin terlupakan karena tidak digunakan hingga lama terpajang di garasi atau teras rumah. Bagi para pemilik kendaraan bermotor khususnya motor-motor lama atau jadul harus mempunyai tenaga ekstra untuk memerhatikan mesinnya. Nah, untuk itu, Autos ingin berbagi tips merawat karburator motor selama #dirumahaja.

Karburator merupakan komponen pada mesin motor yang berfungsi untuk menyatukan udara dan bahan bakar yang kemudian disalurkan ke ruang pembakaran. Akan tetapi, jika komponen karburator ini jarang atau bahkan sama sekali tidak pernah dibersihkan maka akan mengganggu kinerja mesin yang menjadi tersendat-sendat. Oleh karena itu, wajib untuk mengetahui cara membersihkan karburator yang benar guna mencegah hal tersebut, selain itu tentunya pun harus rutin membersihkan karburator ini. Karburator yang tidak kotor, biasanya akan mengeluarkan suara kasar dan membuat jalannya motor menjadi tersendat-sendat. Kondisi ini umumnya disebabkan oleh karburator yang tidak berfungsi dengan baik yang berakibat motor kurang bertenaga dan jika dibiarkan bisa kendaraan bisa mogok di jalan.

Untuk membersihkannya cukup mudah, hanya menggunakan cairan pembersih karburator dan injektor. Saat ini sudah banyak bengkel-bengkel yang menjual cairan pembersih karburator dan injektor. Pembersih karburator dan injektor sepeda motor ini dapat membersihkan kotoran, karbon, varnish, dan gum. Sehingga tarikan motor dapat lancar dan konstan kembali. Cara kerja cairan ini dengan membersihkan saluran masuk, klep, ruang bakar dan saluran buang. Jika menggunakan cairan pembersih yang bagus akan dapat membersihkan kerak hingga ke dalamnya. Kotoran dan kerak yang membandel yang menempel di karburator dan throttle body bisa langsung luntur dan tarikan motor jadi enak lagi.  Tidak disarankan membersihkan menggunakan bensin atau solar karena bisa menyebabkan karet yang ada di dalam karburator menjadi mudah sobek. [lil/ech]

Comments

comments







Okezone