blesscar.co.id –

JAKARTA – Ditlantas Polda Metro Jaya bersiap untuk membuka kembali Gerai SIM di mall.

Pengoperasian itu akan mengikuti jadwal dibukanya kembali mall di Jakarta. Hal ini disampaikan oleh Kompol Lalu Hedwin, Kepala Seksi SIM Subdit Regident Ditlantas Polda Metro Jaya. Belum dibukanya gerai SIM di mall adalah karena Pemerintah DKI Jakarta belum mengijinkan mall untuk kembali beroperasi. Untuk itu pihaknya telah bersurat dengan Pemprov DKI agar dapat mengoperasikan Gerai SIM lebih awal.

“Betul saat ini Gerai SIM belum bisa buka karena mall juga belum operasional. Ketika mal lbuka kita juga akan operasionalkan Gerai SIM,” ungkap Lalu.

Saat ini, Gerai SIM berada di delapan mall di Jakarta salah satunya di Mall Pelayanan Publik. Mall di Jakarta direncanakan buka pada 15 Juni 2020. Dibukanya kembali gerai SIM diharapkan dapat mengurangi penumpukan masyarakat di Satpas maupun SIM keliling. Penumpukan itu terjadi lantaran layanan perpanjang SIM tidak buka periode 17 Maret-29 Mei.

Lalu mengatakan bagi masyarakat yang SIM-nya mati dalam periode tersebut mendapatkan dispensasi hingga 29 Juni. Pihaknya juga tengah mengajukan perpanjangan dispensasi.

“Belum ada keputusannya akan diperpanjang atau tidak,” tegas Kompol Lalu.

Sebelumnya diberitakan bahwa terjadi penumpukan antrian di sejumlah Satpas yang melayani perpanjangan SIM. Akibatnya, terjadi antrian luar biasa hingga ke bahu jalan dan tidak memperdulikan lagi protokol kesehatan.

Kondisi ini membuat Kepolisian berinisiatif untuk melakukan sejumlah langkah agar tidak terjadi penularan COvid-19. Salah satunya adalah dengan membatasi antrian layanan SIM hanya 200 orang setiap harinya.

Tak hanya itu, Kepolisian pun telah membuka kembali sejumlah layanan SIM Keliling di di dua lokasi yaitu di TMII dan Satpas SIM Daan Mogot. Rencananya, di TMII akan ada 2 unit SIM Keliling sementara di Daat Mogot akan ada 3 unit SIM keliling.

Layanan SIM Internasional pun juga sudah dibuka kembali beberapa waktu lalu. Pemohon bisa membuat SIM Internasional di Pelayanan SIM Korlantas Polri, jalan MT Haryono No.37-38, RT.8/RW.2, Cikoko, Pancoran, Jakarta Selatan 12770,. Pelayanan dibuka setiap hari Senin – Kamis pukul 08.00 wib – 15.00 wib (istirahat pukul 12.00 wib – 13.00 wib). Kemudian di hari Jumat pelayanan buka pukul 08.00 wib – 15.00 wib (istirahat 11.30 wib – 13.00 wib). [Adi/Ari]

Mobil123