blesscar.co.id –

CALIFORNIA – Sebuah Ferrari Enzo mencetak rekor penjualan termahal yang pernah ada lewat lelang online, catatan lainnya, kolektor mobil langka tetap berani bayar mahal meski krisis di masa pandemi.

Menarik untuk disimak, berapa banyak dari Anda yang rela membelanjakan uang dengan nilai fantastis tanpa melihat barang terlebih dahulu ?. Hal ini tentu terjadi lewat lelang online, Anda hanya menyimaknya lewat katalog digital dan hanya bisa membayangkannya lewat layar laptop atau smartphone.

Ternyata bagi sebagian orang, melakukan transaksi seperti hal tersebut di atas tergolong cukup. Terbukti terlihat dari antusiasme peserta lelang online mobil-mobil papan atas yang dikelola oleh  balai lelang ternama RM Sotheby’s.

RM Sotheby’s sendiri termasuk cukup kreatif untuk tetap menggelar lelang mobil langka di masa pandemi Corona. Dan setelah mengatur ulang semua jadwal, akhirnya bisa menggelar lelang Driving to Summer yang digelar 21-29 Mei 2020. 


Dalam catatan resmi lelang, Ferrari Enzo tahun pembuatan 2003 yang ditawarkan berhasil terjual $ 2,640 juta atau setara kurang lebih Rp 37,468 miliar. Supercar Italia salah satu dari hanya 400 unit yang pernah dibuat ini disebut membuat rekor termahal dari lelang online.

Memang dalam kondisi normal catatan angka lelangnya berbeda atau harga jual akhirnya lebih mahal. Menurut RM Sotheby’s, sebelum masa pandemi, Ferrari Enzo bisa terjual lebih mahal hingga $ 2,9 juta. 

Namun demikian, apa yang digapai dari lelang kali ini disebut sebagai indikator menarik. Karena meski dunia sedang mengalami masa krisis akibat pandemi Corona, para kolektor mobil-mobil langka masih sangat antusias melakukan pembelian meski dalam keterbatasan. Ini pertanda mobil-mobil langka masih dipercaya menjadi sebuah investasi menarik.

Ferrari Enzo 2003 ini sendiri tampak masih dalam kondisi terbaik. Dan dalam usia 17 tahun, memiliki catatan odo meter atau pernah digunakan 2.012 km.

Supercar ini sendiri memiliki mesin V12 berkapasitas 6.0-liter. Memiliki tenaga sebesar 658 hp serta torsi 657 Nm, diklaim mampu bergerak 0-100 km/jam dalam waktu kurang dari 3 detik dan dapat meraih kecepatan tertinggi 350 km/jam.


Terakhir, selain Ferrari Enzo, RM Sotheby’s juga melaporkan ada Ferrari GTO 1985 288 dalam lelang kali ini. Dan berhasil terjual $ 2,310 juta atau hampir Rp 32,8 miliar. [Ari]

Mobil123