blesscar.co.id – Nissan tahu beberapa produknya sudah tidak bisa dibilang muda lagi, contohnya Nissan GT-R dan Nissan Fairlady Z yang usianya sudah kurang lebih 10 tahunan. Meski keadaan sedang kurang mendukung, tapi Nissan punya tekad yang baik untuk pelan-pelan merancang ulang mobil sport andalannya. Menurut rumor Autocar, harusnya Nissan Fairlady Z baru bakal muncul tahun depan.

Kali ini, ada laporan tambahan dari Spyder7 dari Jepang yang menyatakan bahwa generasi Nissan Fairlady Z baru – yang kemungkinan berkode Z35 – akan punya model teratas bernama Nissan 480Z. Nah, biasanya angka-angka di depan huruf “Z” itu menunjukkan kapasitas mesinnya, misalnya jika Nissan 350Z punya mesin 3.500 cc, lalu Nissan 370Z seperti di gambar punya mesin 3.700 cc. Apa berarti Nissan 480Z punya mesin 4.800 cc?

Kelihatannya belum tentu, karena menurut laporan tersebut angka 480 pada Nissan 480Z berarti tenaganya, yakni 480 hp. Sungguh sebuah angka yang besar, bahkan Porsche 911 Carrera S baru saja angkanya belum segitu. Mesinnya diklaim akan pakai mesin 3.000 cc V6 twin turbo yang kini ada di Infiniti Q60 Red Sport 400, di mana mesin ini bisa menghasilkan 400 hp. Yah, jika mesin V6 twin turbo tadi kuat dengan 400 hp, maka angka 480 hp nampaknya bukan masalah.

Hal yang jadi menarik adalah sasisnya. Jika Toyota memilih bekerja sama dengan BMW untuk patungan bikin Supra dan Z4 lalu Honda memilih bekerja sendiri untuk membangun NSX baru, Nissan nampaknya punya langkah beda. Nissan nampaknya akan pakai sasis Nissan Fairlady Z Z34 alias 370Z yang dioptimalkan untuk jadi sasis Fairlady Z baru. Menimbang-nimbang kondisi Nissan saat ini, langkah itu masuk akal. Susah dan mahal sekali biayanya kalau harus bikin sasis baru.

Tinggal masalah desain, dan apa yang digosipkan adalah Nissan mau mengikuti inspirasi yang mencampurkan desain retro modern. Lihat, Nissan 370Z punya pilar C yang sama dengan Datsun Fairlady Z lawas untuk menguatkan kesan retro dan menguntai benang merah di keluarga Fairlady Z, jadi bukan tak mungkin Nissan Fairlady Z baru mengambil elemen desain dari mobil macam Fairlady 300ZX atau malah 350Z. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

 

AutonetMagz