blesscar.co.id –

SEMARANG – Ide untuk mengakali aturan larangan mudik dengan menyelundupkan pemudik semakin lama semakin menjadi.

Modus terbaru adalah dengan memanfaatkan jasa towing kendaraan seperti yang dilakukan pemudik di Semarang. Sebuah mobil towing diputar balikkan oleh Petugas gabungan Pospam Cek Poin Taman Unyil Semarang karena mobil towing tersebut mengangkut mobil yang tertutup terpal dan didalamnya ada empat pemudik.

“Kejadiannya sekitar pukul 10.00 WIB. Langsung kami minta putar balik. Tidak sempat ditanya ke mana tujuan mereka karena saat itu arus lalu lintas padat,” terang Endro P Martanto, Kepala Dinas Perhubungan Kota Semarang.

Kejadian serupa juga terjadi Pospan Cek Poin Gerem, Kota Cilegon. Ketika itu ada sebuah truk yang membawa barang mencurigakan. Menurut pengakuan sopir, truk itu membawa nanas untuk ke Lampung. Saat dibuka ternyata sebuah mobil mobil APV nopol B 1886 TRH, dengan seorang sopir dan seorang penumpang di dalamnya.

“Kami yang tengah melakukan penyekatan curiga dengan muatan truk. Kata sopir bawa nanas, pas dibuka sebuah kendaraan jenis MPV. Kini empat orang tengah dimintai keterangan,” terang Iptu Choirul Anam, Kanit 3 Reskrim Polres Cilegon.

Berdasarkan pemeriksaan, sopir MPV akan menuju Lampung timur dari Jakarta. Ia pun mengaku membayar Rp 2 juta kepada sopir truk agar dapat mengangkut kendaraannya dan menyebrang melalui pelabuhan Merak.

Kini empat orang yang terdiri dari Sopir truk, kenek truk, sopir mobil MPV dan seorang penumpang diamankan pihak kepolisian untuk dimintai keterangan. [Adi/Ari]

Mobil123