blesscar.co.id –

JAKARTA – Mitsubishi Xpander pertama kali hadir di Indonesia pada tahun 2017 di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS). Mobil yang menjadi penanda kebangkitan kembali Mitsubishi Motors di segmen mobil penumpang ini langsung membuat banyak orang tercengang..

Ketika itu, Mitsubishi Xpander langsung mendapat respon postif dengan menjadi salah satu mobil terlaris di GIIAS 2017. Model ini pun digadang-gadang menjadi lawan terberat dari Toyota Avanza yang selama ini menjadi MPV terlaris di Indonesia.

Sayangnya, pada 2017 Mitsubishi Motors belum memaksimalkan produksinya sehingga para pelanggan terpaksa harus indent lama (berbulan-bulan) untuk mendapatkan unit. Kondisi ini kemudian diperbaiki Mitsubishi di tahun 2018.

Dengan meningkatkan jumlah produksinya, penjualan Mitsubishi Xpander berhasil beberapa kali mengalahkan penjualan Toyota Avanza. Bahkan pada semester 1 2018, penjualan Mitsubishi Xpander telah mengalahkan Toyota Avanza.

Bahkan di tahun 2018, MPV 7-seater boleh dikatakan menjadi penguasa LMPV dengan mesin berkapasitas 1.500 cc. Total sebanyak 75.772 unit Xpander terjual dari Januari hingga Desember 2018 dan meraih market share 28 persen.

Spesifikasi Mitsubishi Xpander

Mobil ini memiliki beragam fitur menarik. Pertama, struktur tubuh monocoque Xpander direkayasa berdasarkan RISE (Reinforced Impact Safety Evolution) yang mengawinkan efisiensi penyerapan energi tumbukan dengan integritas kabin tinggi. Sebagai fitur keselamatan pasif lainnya adalah 2 airbag di depan dan 3-point seatbelt untuk tujuh penumpang.

Berlanjut ke fitur keselamatan aktif Xpander. Mitsubishi Motors Corporation (MMC) melengkapi Xpander dengan ABS (Anti-lock Braking System), BA (Brake Assist), ASC (Active Stability Control), HSA (Hill Start Assist), dan ESS (Emergency Stop Signal system).

Terlepas dari fitur-fitur keselamatan di atas, kabin Mitsubishi Xpander terbesar di kelasnya dan ruang bagasi berlimpah. Headroom dan legroom besar. Sandaran jok baris kedua (60:40) dan jok baris ketiga (50:50) sangat mudah dilipat. Masih di dalam kabin, mobil memiliki 16 bottle holder di dalam door trims, dan center console di antara kedua jok depan.

Sistem infotainment  mobil dapat dihubungkan dengan konektivitas internet, serta smartphone Anda via Bluetooth guna mendukung hands-free calls.  Setiap baris jok bahkan dilengkapi dengan power socket 12V yang bisa digunakan untuk mengisi ulang baterai gadget Anda. Setiap jok dilengkapi oleh smartphohe tray.

Sementara fitur Keyless Operation System (KOS) memungkinkan pengemudi membuka pintu dan menyalakan mesin tanpa menggunakan anak kunci konvensional.

Ekspor

Kesuksesan Xpander di Indonesia menambah percaya diri Mitsubishi untuk memperluas pasar ke manca negara. Pada bulan April 2019, Mitsubishi pun resmi mengekspor model ini ke beberapa negara di Asia Tenggara.

Filipina adalah negara pertama yang menjadi tujuan ekspor Mitsubishi Xpander. Di negara tersebut, model ini sudah terpesan sebanyak 3.000 unit sebelum peluncuran resmi dilakukan. Ini tentunya merupakan sebuah pertanda baik bagi Mitsubishi.

Tentunya ada beberapa perbedaan antara model versi ekspor dengan domestik. Perbedaan yang paling jelas terlihat adalah posisi kemudi di sebelah kiri sementara di Indonesia ada di sebelah kanan. Selain itu, mobil ini juga sudah dilengkapi dengan cruise control, dimana di Indonesia tidak ada fitur tersebut.

XPANDER CROSS INTERIOR

Head unit juga terlihat belum dipasangkan oleh Mitsubishi. Dengan kosongnya tempat head unit tersebut maka bukan tidak mungkin Filipina akan memiliki head unit yang berbeda spesifikasinya dengan di Indonesia. Namun berdasarkan informasi yang kami dapatkan, head unit tersebut tetap akan menggunakan layar-sentuh berukuran 7 inchi.

Perbedaan lain adalah adanya stop lamp di bumper bawah bagian belakang mobil. Di Indonesia, fitur ini tidak ada. Selain itu, tidak ada perbedaan lain yang signifikan pada model versi ekspor dibandingkan dengan pasar domestik.

Xpander Cross Meluncur

Pada tahun 2019, Mitsubishi melakukan pengembangan dengan meluncurkan Xpander Cross. Salah satu keunggulannya adalah ground clearance yang lebih tinggi. Mobil ini diklaim memiliki jarak terendah ke tanah mencapai 225 mm. Penggunaan roda berdiameter 17-inci menjadi salah satu penopang bertambahnya ketinggian bodi kendaraan.

XPANDER CROSS 2020

Tipe ini ditawarkan dengan lima pilihan warna meliputi Quartz White Pearl, Jet Black Mica, Steering Silver Metallic, Graphite Gray Metallic dan Sunrise Orange Metallic. Mesin Xpander Cross masih mengandalkan 1.5-L MIVEC DOHC 16 Valve dengan kode 4A91. Dikatakan bahwa mesin Xpander Cross memliki efisiensi bahan bakar yang lebih baik dari sebelumnya.

Xpander 2020 Facelift 

Mitsubishi Motors  melakukan peremajaan desain Mitsubishi Xpander 2020. Ketika itu, mereka mengubah desain  grille depan, velg alloy 16 inci dengan dua-nada warna (two-tone colour) dan Shark Fin Antenna pada tiga varian (Exceed, Sport, Ultimate). Visibilitas diperbaiki dengan penyematan bohlam LED pada bagian lampu depan dengan jarak pencahayaan lebih luas. Ada pula Rear Window Defogger pada varian Exceed, Sport, Ultimate.

Beralih ke interior, kabin Mitsubishi Xpander 2020 untuk varian Ultimate maupun Exceed sekarang punya nuansa baru dengan beige seat pattern. Sementara, pada varian Sport, kabin tampil beda dengan black seat pattern. Varian Ultimate serta Exceed pun punya aksen panel instrumen plus panel bernuansa kayu untuk trim pintu. Di varian Sport, terdapat terdapat panel bernuansa perak pada trim pintunya.

Dua varian teratasnya, Ultimate serta Sport, diberkahi oleh layar-sentuh 7 inci dengan konektivitas smartphone. Khusus varian Sport, per Maret nanti terdapat Hands Free Steering Switch. Tak berhenti sampai di situ, mobil di segmen low multi purpose vehicle (LMPV) ini sekarang dilengkapi Rear Parking Sensor. Selain itu, seluruh varian memiliki pula fitur baru Dual Horn dalam memberikan isyarat kepada pengendara lain selama berkendara.

Promo Penjualan Kredit Xpander

Di Juni 2020, Mitsubishi Motors menawarkan promo penjualan berupa bunga kredit 0% sampai dengan 2 tahun, kaca film gratis, dan lain-lain. Untuk informasi lebih detail silakan akses website reSmi Mitsubishi Motors Indonesia. [AHY/Idr]

Daftar harga Mitsubishi Xpander 2020 (on-the-road DKI Jakarta):

GLX M/T

Rp 217.800.000

GLS M/T

Rp 234.300.000

EXCEED M/T

Rp 242.800.000

GLS A/T

Rp 245.300.000

EXCEED A/T

Rp 253.200.000

SPORT M/T

Rp 261.200.000

SPORT A/T

Rp 271.200.000

ULTIMATE A/T

Rp 275.100.000

 

Daftar Harga Mitsubishi Xpander Cross 2020

Premium Package A/T

Rp 292.700.000

Cross A/T

Rp 282.700.000

Cross M/T

Rp 272.700.000

Mobil123