Jakarta, blesscar.co.id- Gas Nitrogen, banyak digunakan untuk mengisi ban di balapan Formula 1, MotoGP dan juga pesawat terbang. Bukan tanpa alasan, dengan menggunakan Zat Malas ini, tekanan yang terjadi di dalam ban, tidak akan berubah banyak alias stabil di suhu yang rendah dan panas sekalipun. Saat ini banyak pemilik kendaraan lebih memilih menggunakan nitrogen untuk ban kendaraan kesayangan. Selain stasiun pengisiannya semakin banyak, penggunaan nitrogen diyakini memiliki keuntungan dibanding angin biasa.

Kandungan angin yang terdapat pada nitrogen dinilai mampu membuat ban tak mudah kempis. Hal itu dikarenakan sifat zat yang terkandung lebih ketimbang udara biasa. Secara fisika, ban kempis dengan udara dingin berkaitan. Saat suhu luar ruangan turun, maka hal itu membuat udara di dalam ban ikut menyusut, sehingga mengakibatkan tekanan ban berkurang.

Karena kelebihan yang ditawarkan, tak sedikit pengendara motor mulai beralih ke nitrogen. Seiring dengan maraknya penggunaan nitrogen, muncul ‘mitos’ yang belum tentu benar.

Berikut cek fakta seputar penggunaan nitrogen seperti dilansir Corsatire.

Mitos Nitrogen Tidak Bisa Dipakai di Pelek Jari-Jari

Hal itu salah, karena nitrogen dapat dipakai di pelek jari-jari. Justru nitrogen yang mengandung sedikit air dapat membuat pelek yang terbuat dari besi tidak akan mudah berkarat.

Mitos Tekanan Angin Ban Akan Lebih Stabil

Hal tersebut benar, karena nitrogen membuat tekanan ban akan lebih stabil. Partikel nitrogen yang lebih besar daripada udara biasa membuatnya tidak mudah keluar dari pelek. Selain itu, nitrogen tidak mudah menyusut dan memuai, sehingga tekanan ban motor anda akan lebih stabil. Faktanya tidak sepenuhnya benar. Memang benar berat masa nitrogen lebih ringan daripada angin biasa, namun nitrogen hanya lebih ringan sekitar 5%. Karena perbedaan berat massa yang sedikit, pengemudi tidak akan terlalu merasakan perbedaannya.

Mitos Nitrogen Hanya Dapat Digunakan untuk Ban Tubeless

Faktanya salah, karena nitrogen dapat digunakan di semua tipe ban karena pada dasarnya seluruh tipe ban membutuhkan tekanan angin. Seperti yang telah disebutkan di atas, nitrogen akan membuat tekanan ban lebih stabil sehingga membuat umur hidup ban lebih panjang.

Comments

0 comments


Click to comment

Leave a Reply

Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Okezone