blesscar.co.id –

JAKARTA – PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), agen pemegang merek Mitsubishi Fuso mengakui wabah Corona mengakibatkan anjolknya penjualan namun mereka mengklaim tetap kuasai segmen truk di Indonesia.

Industri otomotif memang sangat terpukul akibat pandemi Corona. Imbasnya juga sangat dirasakan oleh Mitsubishi Fuso.

Penurunan penjualan besar-besaran terjadi dan ini tidak pernah dibayangkan atau terjadi sebelumnya. Penjualan mereka sepanjang Januari-April 2020 dilaporkan hanya mencapai 9.628 unit, turun 28,3 persen jika dibanding periode yang sama tahun lalu.

Namun demikian, Duljatmono, Direktur Marketing KTB mengakui masih cukup beruntung dengan capaian tersebut. Apalagi angkanya masih lebih baik dari penurunan yang terjadi di pasar kendaraan komersial secara keseluran.

“Pasar kendaraan komersial sendiri secara keseluruhan (Januari – April 2020) turun 36 persen. Masih lebih baik angka penurunan kami dan alhamdulillah pencapain sales tersebut Fuso masih menjadi absolute market leader dengan market share 47,8 persen,” jelas pria yang akrab disapa Momon ini.

Dengan kondisi yang tidak menentu ini, KTB tentu mengambil beberapa langkah strategis. Termasuk merevisi target penjualan 2020 yang mencapai 46.900 unit atau naik 12 persen dibanding 2019 dengan capaian 41.736 unit.   

“Kalau dibandingkan dengan original plan kami, ini sudah berbeda situasinya. Kalau dibandingkan dengan target awal, ya sudah jauh,” jelas Momon pada media gathering virtual KTB (Rabu, 20 Mei 2020).

Pada kesempatan yang sama, Naoya Takai, Presiden Direktur baru KTB menegaskan bahwa tugas pertamanya di Indonesia cukup menantang. Pria yang akrab disapa Rocky ini tentu akan memimpin perusahaan untuk dapat melewati situasi krisis ini.

“Kami akan menajamkan produk yang paling disukai oleh konsumen Indonesia dan memberikan prioritas agar volumenya terus terjaga termasuk juga dalam layanan. Saya sendiri terlibat dalam beberapa pengembangan bisnis di Indonesia sehingga cukup memiliki gambaran terhadap kondisi pasar,” kata Rocky.

Untuk diketahui, Fuso saat ini memberikan layanan yang cukup menarik lewat paket servis dengan harga spesial. Layanan purna jual di tengah pandemi Covid-19 ini tentu menjadi salah satu bentuk support yang memberikan keuntungan dan kemudahan bagi konsumen.

Fuso memberikan secara gratis seluruh item penggantian oli sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Konsumen juga bisa memilih paket diskon yang ditawarkan. [Ari]

Mobil123