blesscar.co.id –

JAKARTA –Mitsubishi Model A merupakan salah satu mobil yang mengawali sejarah panjang Jepang sebagai raksasa otomotif dunia.

Model A, menurut keterangan resmi Mitsubishi pada Kamis (28/5/2020) sore, tercatat sebagai mobil penumpang pertama di Jepang. Pengembangan serta pembuatan prototipenya dimulai pada musim panas 1917, kemudian selesai diproduksi pada November 1918.

Hingga 1921, Mitsubishi berhasil membuat 22 unit Model A, termasuk prototipenya. Perakitannya sendiri dilakukan di galangan kapal milik Mitsubishi Shipbuilding Company—sekarang Mitsubishi Heavy Industries—di Kobe.

Mesin Model A dibangun dari besi cor, sedangkan sasisnya dari lempengan metal yang dipukul. Adapun bodinya dibuat dari panel-panel baja yang dipernis dan disusun di rangka kayu.

Pencahayaan pada sisi depan mengandalkan lampu gas. Sementara itu, bunyi klakson dihasilkan oleh mekanisme penyumbatan udara. Interiornya dihiasi oleh kain wol mewah dari Inggris.

Meski pada masa itu sudah terdapat beberapa alat dan mesin khusus otomotif, Model A pertama diproduksi secara manual dengan tangan menggunakan palu dan pahat. Para insinyur Mitsubishi bekerja tanpa gambar desain dan sedikit pengetahuan tentang mesin bensin, bodi mobil, interior, dan pengalaman lain dalam proses produksi.

Akan tetapi, pada akhirnya mereka mengatasi kesulitan-kesulitan tersebut. Mereka menunjukkan produksi massal mobil dalam negeri adalah hal yang mungkin.

Penghargaan dari JAHFA
Pada November 2019, Mitsubishi Motors Corporation—berpisah dari Mitsubishi Heavy Industries pada 1970—mengumumkan bahwa Model A terpilih sebagai Mobil Bersejarah oleh Japan Automotive Hall of Fame (JAHFA). Replika Model A juga telah dibuat ulang, dengan mengacu pada arsip serta dokumen lampau.

Tiruan Model A dipajang di Mitsubishi Auto Gallery, Okazaki City, Prefektur Aichi.

“Mitsubishi Model A tidak hanya penting bagi sejarah Mitsubishi Motors, namun juga industri otomotif Jepang. Mitsubishi Motors telah berkomitmen untuk memproduksi mobil dengan kualitas terbaik, memahami preferensi dan kebutuhan konsumen. sejak awal, ketika kami memproduksi massal kendaraan pertama. Saat ini lini Mitsubishi Motors hadir dengan pilar utama: SUV, PHEV dan teknologi terkoneksi yang mampu menjawab kebutuhan konsumen dan tatangan zaman” ujar Ryoichi Inaba, Director of Product Strategy Division PT MMKSI. [Xan/Ari]

Mobil123