blesscar.co.id –

Setiap kali Anda ingin membeli suku cadang mobil bekas, tekankan penawaran yang bagus. Jangan berpikir Anda akan mengandalkan keberuntungan – tidak mungkin. Ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan untuk memastikan Anda tidak berakhir dengan kesepakatan yang pahit.

Luangkan sedikit waktu sekarang untuk menghemat uang Anda di masa depan. Pastikan untuk memeriksa Laporan Konsumen tentang suku cadang mobil teraman di luar sana. Penampilan adalah satu hal, tetapi keselamatan menjadi prioritas.

Gunakan toko pekarangan mobil yang kredibel dan cari tahu apakah Anda dapat membawa mobil untuk dipasang di tempat. Tanyakan mobil apa yang paling sering mereka perbaiki. Dapatkan detail tentang ruang lingkup pemeriksaan dan, berapa lama, termasuk harganya. Minta informasi ini ditulis sebagai tindakan pencegahan.

Setelah pemeriksaan suku cadang mobil, dapatkan laporan tertulis dengan semua biaya yang terlibat untuk perbaikan. Juga merek kendaraan, model dan NIK harus disebutkan dalam laporan. Bacalah setiap cetakan kecil dan jika ragu mencari klarifikasi. Penawaran terakhir Anda harus didasarkan pada perkiraan jika Anda pernah memutuskan untuk menawar mobil tersebut.

Mengapa Anda tidak membeli komponen bekas dari individu?

Perorangan atau penjual pribadi tidak tercakup dalam Aturan Mobil Bekas. Mereka juga tidak harus menggunakan Panduan Pembeli. Tapi, Anda dapat mengandalkan daftar Panduan dari sistem utama mobil untuk berbelanja. Jangan terpikat oleh tampilan luar part mobil bekas, melainkan bergantung pada pemeriksaan oleh mekanik yang disetujui.

Penjualan pribadi kemungkinan besar dilakukan sebagaimana mestinya, satu-satunya pengecualian adalah jika perjanjian pembelian Anda dengan penjual menyatakan sebaliknya. Jika ada kontrak tertulis, penjual harus memenuhi tanggung jawab penuh mereka. Pertimbangkan garansi pabrik atau kontrak pembelian lainnya. Masalahnya adalah apakah garansi dan kontrak layanan ini dapat dialihkan atau tidak. Sebelum pembelian suku cadang mobil, tanyakan apakah masih dalam garansi atau kontrak servis.

Sumber: (1 )