blesscar.co.id –

GENEVA – MotoGP 2020 setidaknya akan digelar sebanyak 13 seri mulai dari Jerez, Spanyol.

Setelah absen selama berbulan-bulan karena pandemi covid-19, MotoGP 2020 akan kembali bergulir pada Juli mendatang. Ajang balap motor paling populer sejagat tersebut akan dimulai dari sirkuit Jerez, Spanyol tanpa melibatkan penonton.

Meskipun belum diresmikan oleh pihak Dorna selaku penyelenggara MotoGP, Speedweek.com membocorkan jadwal sementara MotoGP 2020. Dengan hanya melibatkan paling banyak 1.000 orang dalam satu seri (tanpa penonton), kejuaraan yang ditunggu banyak orang di seluruh dunia, berkutat di benua Eropa saja.

Seperti telah diketahui bersama bahwa beberapa sirkuit secara resmi mengundurkan diri sebagai tuan rumah. Sebagian besar sirkuit yang secara resmi membatalkan gelaran terletak di Asia. Perjalanan logistik ke luar Eropa menjadi salah satu rintangan terbesar penyelenggaraan MotoGP.

Dengan kondisi tanpa penonton, Dorna menyatakan sangat sulit melakukan perjalanan ke Asia. Sebelumnya MotoGP Jepang, Australia sudah diputuskan batal untuk musim ini. Selain Asia, MotoGP juga dipastikan tidak akan menyambangi Amerika Serikat dan Argentina tahun ini.

13 seri MotoGP 2020 tidak menyertakan sirkuit Buriram (Thailand) dan Sepang (Malaysia). Meskipun mereka belum menyatakan untuk membatalkan balapan pada tahun ini. Proses tarik ulur untuk melibatkan penonton masih terus dilakukan.

Adapun MotoGP Thailand direncanakan untuk menjadi tuan rumah pada 29 November 2020. Sementara MotoGP Malaysia masuk dalam perkiraan pada 6 Desember 2020. Jika jumlah korban covid-19 sudah menurun dengan drastis, kemungkinan besar dua sirkuit tersebut dapat menyelenggarakan balapan dengan penonton.

Di Eropa sendiri sirkuit Mugello (Italia), Sachsenring (Jerman), Assen (Belanda), KymiRing (Finlandia) dan Silverstone (Inggris) sudah diputuskan batal tanpa pengganti. Para penggemar tidak akan melihat pembalap MotoGP beraksi di sirkuit-sirkuit legendaris tersebut di atas, kecuali KymiRing yang merupakan peserta baru. [Dew/Ari]

Berikut ini jadwal sementara MotoGP 2020 :

July 19

Jerez 1

July 26

Jerez 2

August 09

Brno

August 16

Spielberg 1

August 23

Spielberg 2

September 06

Misano 1

September 13

Misano 2

September 27

Aragón 1

October 04

Aragon 2

October11                                                                                                                        

Le Mans (not confirmed)

October 25

Barcelona-Catalunya

November 8

Valencia 1

November 15

Valencia 2

Mobil123