blesscar.co.id –

JAKARTA – Mitsubishi Pajero Sport pertama kali hadir di Indonesia pada tahun awal tahun 2016. Model ini merupakan pesaing serius Toyota Fortuner di kelas Medium SUV Bod-on-Frame di Indonesia.

Eksteriornya tampak sporty dengan mengadopsi desain Dynamic Shield, yang merupakan identitas baru kendaraan penumpang andalan Mitsubishi. Bagian depannya dipercantik LED headlamp (Exceed dan GLX), dan headlamp washer (Dakar).

Mobil ini  juga memiliki ruang kabin dan dashboard didesain khusus dengan T-Shape High Console dengan wooden accent. Selain itu, tampilan ubahan interior lebih mewah dan lega. Demi meningkatan kenyamanan ada improvement pada sound proof dan body mounting. System hiburan mobil ini lebih premium dan lengkap dengan system navigasi, serta ditunjang Dual Zone Automatic Air Conditioner.

SUV 7-seater ini menggunakan mesin diesel 4N15 2.4-liter MIVEC Turbocharged and Intercooler (khusus Dakar). Mesin ini dilengkapi transmisi otomatis 8-speed. Bahkan kelebihan mobil ini juga dilengkapi super select 4WD-II, Offroad Mode dan Paddle Shift

Mobil ini juga mampu melibas genangan air ketinggian 70 cm, serta ground clearance mencapai 218mm. Fitur lain yang ditawarkan antara lain Active Stability Traction Control (ASTC), Trailler Stability Assist (TSA), Hill Start Assist (HSA) dan Brake Assist (BA).

Dengan segala keunggulan tersebut, tak heran bila jumlah indent dari Pajero Sport sudah mengular hingga lebih dari 1.000 orang saat pertama kali diluncurkan. Jumlah tersebut diklaim Mitsubishi sebagai salah satu prestasi yang membanggakan.

Respon postif pun tidak berakhir. Pesaing terberat dari Toyota Fortuner ini pun berhasil menjadi mobil terlaris Mitsubishi pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016. Dalam ajang tersebut, mereka berhasil membukukan penjualan sebesar 1.392 unit.  Banyaknya jumlah unit yang terjual itu pun membuat Mitsubishi akhirnya mengeluarkan wacana untuk memproduksi model ini di Tanah Air.

Saat ini sendiri Mitsubishi Motors sendiri menjual Pajero Sport 2020 dalam total 6 varian.

Pajero Sport Facelift Diproduksi Lokal

Eksterior Pajero Sport

Cita-cita untuk memproduksi model ini di Indonesia pun akhirnya terwujud. Pada bulan April 2017, Mitsubishi meluncurkan Pajero Sport Dakar 4×2 Ultimate sebagai pilot project. Varian ini merupakan pengembangan dari varian Dakar yang sudah beredar di pasaran.

Dari sisi tampilan, langkah penyegaran dilakukan dengan melakukan minor update. Seperti dengan menempatkan headlamp LED plus tailgate spoiler.

Hal ini juga dilakukan pada interior di mana menggunakan konsep interior dengan dominasi warna beige yang menegaskan nuansa elegan. Pada interior juga terdapat lapisan jok kulit, head up display berukuran 9″ berikut dual zone AC.

Tak puas dengan itu, pada bulan Juli 2017, Mitsubishi kembali meluncurkan Pajero Sport Dakar 4×4 dan Pajero Sport Dakar 4×2 produksi Indonesia.

Pajero Sport Dakar 4×4 hadir dengan beberapa pengembangan seperti terinstalnya HDC – Hill Descent Control, FCM – Forward Collision Mitigation System, BSW – Blind Spot Warning, UMS – Ultrasonic Mis-acceleration Mitigation System, ACC – Adaptive Cruise Control, 7 SRS Airbags & Passenger Airbag Indicator, Multi Around View Monitor Display Enhancement, Tailgate Spoiler, Center Door Lock Button & Power Window Switch Ilumination dan Black Trim Interior with Piano Black Panel Design.

Pajero Sport Dakar 4×4 hadir dengan beberapa pengembangan. Seperti terinstalnya HDC – Hill Descent Control, FCM – Forward Collision Mitigation System, BSW – Blind Spot Warning, UMS – Ultrasonic Mis-acceleration Mitigation System, ACC – Adaptive Cruise Control, 7 SRS Airbags & Passenger Airbag Indicator, Multi Around View Monitor Display Enhancement, Tailgate Spoiler, Center Door Lock Button & Power Window Switch Ilumination dan Black Trim Interior with Piano Black Panel Design.

Pada Januari 2018, Mitsubishi kembali meluncurkan Pajero Sport buatan lokal. Kali ini, giliran tipe Exceed 4×2 AT dan GLX 4×4 MT yang diproduksi di pabrik mereka di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat. Dalam kesemtan itu, kedua model hanya mendapat sedikit polesan sedehana untuk meningkatkan estetika.

Secara umum minor change yang dilakukan memang tidak signifikan, bahkan mungkin sulit dikenali oleh orang awam.  Tampilan Mitsubishi Pajero Sport Exceed 4×2 AT terlihat lebih menarik berkat penggunaan velg berukuran 18 inch. Bergerak ke belakang, Mitsubisi Pajero Sport 4×2 AT sudah dilengkapi dengan rear spoiler.

Ubahan lebih terasa justru pada interior yang kini sudah dilengkapi dengan leather seat berwarna hitam. Khusus Pajero Sport GLX 4×4 MT sudah dilengkapi dengan automatic air-conditioner sehingga terlihat lebih modern.

Mitsubishi Pajero Sport Limited Edition

Pajero Sport Limited Edition

Dalam perkembangannya, Mitsubishi mengembangkan Pajero Sport Limited Edition. Salah satunya adalah yang ditampilkan pada Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018. Ketika itu, Mitsubishi Pajero Sport mendapatkan sistem audio dari Rockford Fosgate.

Pajero Sport Rockford Fosgate Limited Edition dibubuhi delapan perangkat audio berkualitas tinggi. Perangkat-perangkat itu adalah Soft Dome Tweeter kiri-kanan, Mid-Bass Speaker 6.5 inchi di kedua sisi depan kabin, Coaxial 2-Way Speaker 6.5 inchi di kedua sis belakang kabin, Amplifier Flex41 300 watt, dan long-throw subwoofer 10 inchi di belakang.

Mitsubishi tak berhenti pada sistem audio. Aksesoris-aksesoris tambahan juga dibenamkan sebagai diferensiasi. Aksesoris tersebut ialah Spare Tire Cover, Front Under Garnish, Rear Under Garnish, Muffler Cuttter, Engine Hood Emblem. Tak ketinggalan pelek alloy berdesain khusus dengan ukuran 18 inchi plus emblem Rockford Fosgate Spesial Edition. Mobil ini hanya dijual sebanyak 1.000 unit.

Pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019, Mitsubishi kembali meluncurkan Pajero Sport dengan audio dari Rockford Fosgate. Kali ini, mobil tersebut diberi nama Pajero Sport Rockford Fosgate Black Edition.

Pajero Sport Rockford Fosgate Black Edition merupakan edisi terbatas dengan konsep “Black Sporty” yang dilengkapi dengan audio premium Rockford Fosgate, dengan tampilan eksterior yang sporti. Pajero Sport Rockford Fosgate Black Edition hadir dengan tagline barunya Let’s Rock and Road. SUV tangguh ini sendiri merupakan pengembangan dari varian Pajero Sport Dakar 4×2 AT berwarna Black Mica. Mobil ini di produksi hanya 1.000 unit

Harga

Kini, model ini hadir dengan enam pilihan varian. Dan berikut adalah detail tipe dan harga Mitsubishi Pajero Sport 2020:

Dakar (4×4) AT

Rp 702.000.000

Dakar Ultimate (4×2) AT

Rp 593.500.000

Dakar (4×2) AT

Rp 549.500.000

Exceed (4×2) AT

Rp 506.500.000

Exceed (4X2) MT

Rp 491.500.000

GLX (4×4) MT

Rp 548.500.000

[Adi/Idr]

 

Mobil123