Tahun lalu, beredar informasi bahwa pabrik Hyundai akan dibangun di Indonesia, tepatnya di Cikarang, Kota Deltamas. Pabrik Hyundai ini akan dibangun dengan  luas 8,35 juta kaki persegi (77,6 hektare). Pabrik Hyundai akan memiliki kapasitas produksi sekitar 150.000 unit per tahun. Pada kapasitas penuh akan dapat memproduksi sekitar 250.000 kendaraan setiap tahunnya. Kehadiran pabrik Hyundai juga akan menambah kapasitas produksi mobil di Indonesia dari 2,2 juta-2,3 juta unit kendaraan per tahun, menjadi mencapai 2,5 juta unit per tahun. Jenis mobil Hyundai yang akan diproduksi di Indonesia antara lain model SUV, MPV, hingga sedan. Mobil-mobil itu dirancang khusus untuk konsumen di Asia Tenggara.

Proses pembangunan pabrik tersebut ditargetkan pada akhir tahun ini akan selesai dibangun. Walaupun di tengah kondisi wabah covid-19 ini pembangunan pabrik Hyundai terus dilakukan agar bisa memproduksi dan menjual produk mereka di awal tahun 2021. Hyundai memahami bahwa saat-saat ini merupakan situasi sulit yang dihadapi oleh Indonesia dan dunia. Pada saat yang bersamaan, melanjutkan pembangunan pabrik di situasi ini bukanlah keputusan mudah yang diambil oleh Hyundai. Mengingat hal tersebut, perusahaan menjalankan aktivitas pembangunan di bawah bimbingan dan dukungan dari pemerintah Indonesia, setelah mendapat izin serta persetujuan dari Kementerian Perindustrian. Hyundai dengan berhati-hati menerapkan operasi yang efektif dan efisien untuk mencegah paparan risiko virus corona, sembari tetap menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

“Kami di HMMI selalu memperhatikan keselamatan dan kesehatan karyawan kami sebagai hal yang utama. Karena itu, kami menerapkan peraturan kebersihan yang lebih ketat dan secara aktif mendisinfeksi tempat mereka bekerja secara berkala. HMMI menghormati keputusan pemerintah dan telah berusaha keras untuk menerapkan aturan physical distancing yang ketat. Kami berharap masa sulit ini akan segera berlalu bagi kita untuk dapat kembali lebih kuat,” tambah YoonSeok.

Akhir tahun 2019 lalu, Hyundai Motor Company (HMC) telah menegaskan komitmen investasinya di Indonesia. Pabrikan mobil asal Korea Selatan tersebut menggelontorkan uang sebesar US$ 1,5 miliar atau setara Rp 21 triliun (kurs Rp 14.000), secara berangsur-angsur hingga 2030. Hyundai akan memindahkan kantor pusat Asia yang berada di Malaysia akan di pindahkan ke Indonesia. Dan untuk menjamin dan mendukung komitmen tersebut Hyundai telah mendirikan dua perusahaan di Indonesia yang menangani bagian produksi dan penjualan.  “Hyundai memutuskan ada tiga perusahaan di Indonesia, karena dari Korea Selatan benar-benar serius investasi di Indonesia. Akhirnya Asia Headquarter Hyundai dipindahkan dari Malaysia ke Indonesia. Terus ada dua investasi lain, pertama Hyundai Manufacturing (HMMI), satu lagi HMI (Hyundai Motors Indonesia) jadi sudah lengkap persiapan masuk Indonesia,” kata Vice President of Hyundai Motor Asia-Pacific HQ, Lee Kang-Hyun, dalam diskusi virtual, belum lama ini. [lil/ech]

Comments

0 comments


Click to comment

Leave a Reply

Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Okezone