blesscar.co.id –

SEOUL – Hyundai Motor Co. meluncurkan fitur baru pada websitenya agar pelanggan dapat lebih mudah mengetahui isu-isu recall terkait kendaraan.

Recall kendaraan khususnya yang berkaitan dengan keselamatan memang harus diperhatikan oleh pemilik kendaraan. Namun, sering kali pelanggan kesulitan untuk mengetahui apakah kendaraannya terlihat dalam sebuah kampanye recall atau tidak.

Untuk itu, Hyundai pun menambahkan fitur baru yang bisa membaca plat nomor kendaraan di website resmi mereka. Kemudian, plat nomor tersebut akan terkoneksi dengan VIN dan langsung menampilkan seluruh kampanye keselamatan terkait kendaraan tersebut. Pelanggan juga bisa membuat jadwal perbaikan yang diperlukan melalui fitur tersebut.

“Ini adalah salah satu langkah dari beragam hal yang akan kami lakukan untuk keselamatan berkendara. Kami sangat fokus kepada pelanggan kami dan sangat penting untuk menjaga keselamatan mereka,” ungkap Brian Latouf, chief safety officer of Hyundai Motor North America.

Sayangnya, fitur ini hanya tersedia di Amerika Serikat saja. Tapi bukan tidak mungkin fitur tersebut akan digunakan untuk seluruh dunia di masa depan karena akan sangat praktis mengaktifkan aplikasi tersebut ketimbang memaksa pelanggan untuk menghubungi call centre perusahaan.

Terus Lakukan Inovasi
Hyundai memang cukup dikenal sebagai produsen kendaraan yang sangat peduli terhadap keselamatan berkendara. Hal ini bisa terlihat dari banyaknya fitur keselamatan yang mereka kembangkan dan terapkan di mobil-mobil mereka.

Salah satunya adalah pengembangan airbag sisi tengah untuk meningkatkan keselamatan penumpang ketika terjadi kecelakaan. Airbag sisi tengah berfungsi untuk memisahkan ruang antara pengemudi dan penumpang. Airbag tambahan baru ini akan melebar ke ruang antara kursi pengemudi dan penumpang untuk mencegah cedera kepala penumpang di barisan depan.

Jika tidak ada seorang pun di kursi penumpang depan, airbag akan melindungi pengemudi dari benturan samping yang datang dari sisi kanan. Airbag sisi tengah dipasang di dalam kursi pengemudi dan akan mengembang setelah dampak benturan dirasakan. Hyundai berharap center side airbag dapat mengurangi cedera kepala karena penumpang bertabrakan dengan pengemudi sejauh 80%.

Selain itu pada tahun 2018, Hyundai juga melakukan inovasi panoramic sunroof airbag untuk melindungi penumpang mengalami cedera parah saat terjadi kecelakaan berat. Kecelakaan tersebut adalah kecelakaan yang membuat mobil terguling.

Hyundai mengatakan bahwa bila mobil terguling, maka kaca pada sunroof akan pecah dan menyebabkan cedera serius. Untuk itu para desainer mereka mendesain sedemikian rupa airbag sunroof agar dapat menghindari tersebut ketika mobil terdeteksi memiliki kemungkinan terguling. Airbag akan mengembang dari belakang dan mengembang ke depan dalam waktu 0,08 detik. [Adi/Ari]

Mobil123