blesscar.co.id –

JAKARTA – Honda Prospect Motor (HPM) menegaskan bahwa pihaknya masih terus mempelajari tren kendaraan di Indonesia meski pasar saat ini kurang menguntungkan.

Salah satu model yang menjadi perhatian mereka small SUV. HPM melihat bahwa mobil small SUV belakangan ini menjadi sebuah tren baru di Indonesia sehingga bukan tidak mungkin mereka akan menghadirkan model tersebut ketika masa pandemu telah usai.

“Kami melakukan survey dan demand tersebut memang ada dan diminati. Tapi untuk medelnya apa, kita lihat nanti. Untuk sekarang, terlihat Small SUV sedang menjadi tren,” terang Yusak Billy, Business Innovation, Sales, and Marketing Director PT. HPM.

Meski sudah melihat tren, Yusak Billy mengaku masih harus mempertimbangkan banyak hal sebelum meluncurkan model baru. Terlebih, model yang sama sekali baru khususnya di Indonesia. Hal ini karena kondisi ekonomi di Indonesia belum stabil.

“Untuk peluncuran produk baru, kamii harus melihat beberapa hal seperti timing dan line upnya seperti apa. Kami juga harus melihat kondisi pasar dan kebutuhan konsumen mau apa. Pasti kami bisa menghadirkannya. Tapi semua kembali kepada kebutuhan pasar dan konsumen,” tambahnya.

Honda dikabarkan tengah mempersiapkan Small SUV terbaru mereka yaitu Honda ZR-V. Mobil ini akan menantang beberapa Small SUV lain seperti Toyota Raize dan Daihatsu Rocky yang sudah hadir di Jepang.

Honda ZR-V sendiri dikabarkan akan menyasar langsung beberapa pasar di dunia. Hal ini karena Honda sudah mendaftarkan nama tersebut untuk beredar di Australia dan Eropa pada tahun 2021. Namun, besar kemungkinan sebelum masuk ke pasar-pasar tersebut, Jepang akan mendapatkannya lebih dulu.

Hingga kini belum ada informasi resmi terkait mobil tersebut. Namun beredar kabar bahwa mobil ini kemungkinan posisinya berada di bawah Honda HR-V. Bahkan, Honda ZR-V pun dikabarkan akan menjadi pengganti Honda BR-V di India.

Pemilihan nama ZR-V pun terbilang menarik karena ‘Z’ digunakan sebagai penunjuk pasar yang diincar yaitu Generasi Z. Sedangkan R-V adalah nomenklatur Honda untuk mobil crossover dan SUV mereka.

Saat ini di Indonesia, Honda setidaknya memiliki beberapa pilihan SUV. Mulai dari Honda BR-V, Honda HR-V dan Honda CR-V. Ketiga model tersebut hadir dengan keunggulannya masing-masing guna menarik konsumen yang berbeda.

Pasar SUV sendiri belakangan ini juga mengalami pengembangan yang positif meski masih kalah bila dibandingkan dengan SUV. Ini karena belakangan ini SUV di Indonesia sudah disesuaikan dengan selera pasar seperti meningkatkan kapasitas kendaraan menjadi 7-seater. [Adi/Ari]

Mobil123