blesscar.co.id –

JAKARTA – Tak lama setelah Toyota membeberkan kerja sama dengan perusahaan-perusahaan dari China, Honda juga mengumumkan langkah serupa.

Pada awal pekan ini, Toyota Motor Corporation di Jepang mengumumkan kolaborasi dengan lima pabrikan otomotif China untuk pengembangan teknologi mobil hidrogen (fuel cell). Mendekati akhir pekan, giliran Honda yang mengumumkan telah berpartner dengan korporasi dari negara yang sama.

Kerja sama ini bukan dilakukan oleh Honda Motor Corporation di Jepang, melainkan Honda Motor China Investment. Anak perusahaan Honda di ‘Negeri Tirai Bambu’ itu, seperti dikutip dari keterangan resmi pada Kamis (11/6/2020) sore, menggandeng Neusoft Reach Automotive Technology Shanghai.

Keduanya sepakat membentuk perusahaan gabungan (joint venture) bernama Hynex Mobility Service yang akan mengembangkan layanan-layanan konektivitas untuk Honda Connect. Di samping itu, mereka juga bakal mengakselerasi pengembangan teknologi mobil listrik.

Hynex Mobility Service sendiri berlokasi di Dalian, Provinsi Liaoning. Korporasi ini mulai beroperasi pada 1 Juli 2020.

Katsushi Inoue, President Honda Motor China Investment, mengungkapkan rasa senang bisa memperdalam kerja sama bersama Neusoft Reach. Sebelumnya, mereka telah bahu-membahu mengembangkan berbagai teknologi seperti pengembangan kendaraan listrik, Intelligent Connected Vehicle (ICV), pengemudian otonom, sistem penggerak otomotif, serta layanan mobilitas yang telah terhubung dengan pengamanan siber.

“Dalam proses ini, Honda dan Neusoft Reach telah mengembangkan pondasi solid untuk bekerja sama di berbagai area, termasuk riset dan pengembangan mobil listrik maupun berbagi mobilitas (mobility sharing). Sekarang, kami bakal berpartner di area layanan terkoneksi generasi selanjutnya serta mengakselerasi terciptanya nilai-nilai baru dari produk-produk mobilitas yang dipenuh kesenangan. Ini dilakukan dengan cara memadukan kekuatan dari dua perusahaan,” tandas dia.

Wang Yongfeng, President Neusoft Corporation and Chairman of Neusoft Reach Automotive Technology, mengatakan perusahaan mereka sejak awal berdiri telah menciptakan berbagai peranti lunak yang meningkatkan teknologi di dalam sebuah mobil. Adapun area-area pengembangan yang dilakukan oleh Hynex Mobility Service nanti antara lain akan berpangku pada big data dan kecerdasan artifisial.

“Neusoft Reach akan menunjukkan kekuatan dalam penelitian dan pengembangan perangkat lunak pada layanan terkoneksi dan bekerja sama dengan Honda untuk lebih memperluas potensi bermobilitas,” pungkas dia. [Xan/Ari]

Mobil123