blesscar.co.id –

JAKARTA – Honda tak menutup peluang menunda peluncuran mobil baru di Indonesia jika pandemi virus Corona (Covid-19) masih membuat lesu kondisi ekonomi dan pasar.

Hingga pertengahan Mei 2020, Honda baru meluncurkan satu model baru di Tanah Air yakni Civic Hatchback RS. Hatchback seharga setengah miliar rupiah ini mengaspal pada awal Februari.

Adapun pandemi virus Corona menghantam Nusantara sejak awal Maret 2020. Perekonomian langsung terganggu dan daya beli turun drastis, sampai-sampai Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) merevisi target penjualan mobil tahun ini menjadi 600 ribu unit, turun 40 persen ketimbang capaian 2019.

Yusak Billy selaku Business Innovation, Sales, and Marketing Director PT. Honda Prospect Motor (HPM) mengatakan rencana peluncuran selalu mengikuti kondisi pasar plus kondisi ekonomi terkini. Dengan situasi pasar yang amat terganggu oleh pandemi, rencana peluncuran mereka tidak bisa dibicarakan dulu karena kondisi masih berubah-ubah setiap saat.

“Sekarang kondisinya sangat turun, enggak stabil, dan berubah setiap saat. Kami melihat terus kondisi pasar terakhir untuk memberitahu ada atau tidaknya peluncuran,” ucap dia menjawab pertanyaan Mobil123.com dalam Diskusi Virtual Forum Wartawan Otomotif (Forwot) belum lama ini.

Rencana peluncuran Honda pada 2020 sendiri belum banyak terungkap, baik dari segi jumlah maupun modelnya. Selain Civic Hatchback RS yang sudah mengaspal, merek asal Jepang ini sebelum pandemi hadir hanya membeberkan bahwa mereka punya kejutan besar di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2020.

Pameran itu sendiri telah resmi diundur karena pandemi. GIIAS 2020 di Serpong, Tangerang yang awalnya dijadwalkan berlangsung pada 7 – 17 Agustus akhirnya ‘terpukul mundur’ oleh virus Covid-19 menjadi 22 Oktober – 1 November mendatang.

Penjualan Honda pada April 2020 terjun bebas 82 persen, jika dibandingkan dengan sebulan sebelumnya ataupun para bulan yang sama tahun lalu. Fakta tidak mengenakkan itu membuat pabrik mereka di Karawang, Jawa Barat ditutup lebih lama, dari yang awalnya hanya dari 13 – 24 April menjadi hingga akhir Mei.

Mayoritas model Honda yang dijual di Indonesia sudah dirakit di sana. Ada city car dan LCGC Brio, MPV Mobilio, hatchback Jazz, serta SUV BR-V, HR-V, plus CR-V. [Xan/Ari]

Mobil123