blesscar.co.id –

MILWAUKEE – Harley-Davidson ciptakan gimbal penyeimbang yang akan membuat penggunanya lebih nyaman berkendara.

Modul penyeimbang motor tersebut telah didaftarkan patennya dan dipublikasikan pada Mei 2020. Artinya sepedamotor bertubuh besar dan berat tersebut akan semakin mudah dikendarai. Selain itu, teknologi penyeimbang motor yang serupa tidak akan ditemui di brand lain.

Harley-Davidson dikenal sebagai produsen sepedamotor berdimensi besar dan berat. Motor yang pada umumnya berjenis cruiser tersebut menjadi andalan dalam melakukan perjalanan jauh. Di Indonesia, Harley-Davidson bahkan digunakan sebagai pendongkrak strata kehidupan seseorang.

Motor dengan bobot kisaran 300 kilogram hingga 500 kilogram, menjadi tantangan tersendiri bagi penggunanya. Terlebih jika jatuh, membangunkan sebuah Harley-Davidson memerlukan teknik khusus yang tidak bisa dilakukan semua orang.

HD kemudian melakukan inovasi yang memudahkan konsumennya. Dengan mengandalkan sistem giroskopi, motor menjadi lebih mudah diseimbangkan. Seperti diketahui selain konsentrasi, faktor penting yang tidak bisa dikesampingkan oleh pengendara motor yakni keseimbangan.

Teknologi ini menggunakan gimbal yang dipadankan dengan kecepatan serta sensor. Lalu mekanisme giroskopi disambungkan pada Inertial Measurement Unit (IMU) kendaraan. Jika berdasarkan paten yang diterbitkan, komputer mengatur keseimbangan kendaraan sejak kecepatan rendah.

Alat penyeimbang motor ini dikatakan terdapat pada boks atas yang berada di bagian belakang kendaraan. Program ini memang memudahkan penggunanya dalam beberapa situasi. Namun untuk pengendara yang sudah berpengalaman, teknologi baru ini nampaknya akan memberikan masalah baru.

Seperti diketahui bahwa motor merupakan kendaraan roda dua yang lincah. Dengan adanya fitur baru seperti disebutkan di atas, maka bisa dipastikan motor tidak lagi lincah. Penggunanya tidak lagi bisa melakukan manuver spontan.

Namun fitur ini sangat baik dalam menciptakan keamanan bagi penggunanya. Terutama bagi pengguna baru yang belum terbiasa mengendarai motor sebesar HD. Adapun pada paten tersebut dikatakan fitur ini bisa diaktifkan dan dinonaktifkan dengan mudah sesuai kebutuhan. [Dew/Ari]

Mobil123