blesscar.co.id –

JAKARTA – Harga Toyota pada Mei 2020 kembali naik, seperti yang terjadi sebulan sebelumnya. Akan tetapi, kali ini, lebih banyak model yang mengalami revisi harga.

Seperti diberitakan sebelumnya, pada April kemarin Toyota menaikkan harga kendaraan mereka di Indonesia. Saat itu hanya tujuh model yang harganya terkoreksi yaitu Fortuner, Yaris, Sienta, Avanza, Calya, Corolla Altis, dan Dyna.

Banderol Toyota kemudian bertambah lagi pada bulan ini. Hal tersebut diungkapkan oleh Anton Jimmi selaku Direktur Pemasaran PT. Toyota Astra Motor (TAM).

“Iya, harga ada kenaikan pada Mei. April kemarin ada kenaikan tapi sedikit (modelnya)” ucap Anton kepada Mobil123.com via pesan singkat baru-baru ini.

Bulan lalu, alasan kenaikan harga adalah penyesuain biaya produksi yang seharusnya dilakukan pada awal tahun. Untuk Mei, alasannya berbeda yaitu nilai tukar rupiah terhadap dollar AS.

“Sebelum (pandemi) ini, kan, di bawah Rp 14 ribu dan sekarang masih fluktuasi,” jelas Anton lagi.

Sekadar mengingatkan, sejak pandemi virus Corona diketahui masuk Indonesia pada awal Maret, kurs langsung mengalami depresiasi. Kurs rupiah, yang sebelum pandemi berada di level Rp 13.000 – 14.000-an per dollar AS, sempat melemah menjadi Rp 16.000-an per dollar AS pada pertengahan Maret hingga pertengahan April tapi kemudian sedikit membaik menjadi Rp 15.000-an per dollar AS hingga saat ini.

Anton tidak menjelaskan rentang kenaikan harga. Begitu pula dengan rincian model yang harganya berubah.

Namun, berdasarkan penelusuran Mobil123.com di situs resmi Toyota Indonesia, secara total ada 13 model yang banderolnya makin mahal. Model-model itu adalah Vios, Corolla Altis, Camry, Yaris, Calya, Avanza, Kijang Innova, Voxy, Rush, Land Cruiser, FT 86, Hi-Ace, Dyna.

 Ada lima model yang naik dua kali berturut-turut pada April dan Mei. Kelimanya ialah Yaris, Avanza, Calya, Corolla Altis, Dyna.

Toyota hanya menyisakan enam model yang harganya tetap pada Mei ini. Daftarnya adalah Agya, Sienta, Alphard, Fortuner, C-HR, Hilux. [Xan/Ari]

Mobil123