blesscar.co.id –

JAKARTA – Maxindo Renault Indonesia selaku APM Renault di Tanah Air menegaskan bahwa setidaknya sudah ada tiga tipe Triber yang tersedia dan harganya naik hingga puluhan juta rupiah.

Sebelumnya, ia menegaskan ada enam varian yang akan diluncurkan di Indonesia. Namun, setelah berbulan-bulan tidak ada informasi kapan mobil tersebut hadir di Indonesia, Maxindo Renault Indonesia mengumumkan ada tiga tipe yang sudah tersedia di Indonesia yaitu RXL, RXT dan RXZ. Semua bertransmisi manual.

Sayangnya, seluruh varian tersebut ternyata mengalami kenaikan harga yang cukup tinggi dibandingkan sebelumnya. Tercatat, harga Renault Triber saat ini berada dikisaran Rp 169,9 juta hingga Rp 179,9 juta. Kondisi ini diakibatnya adanya perbedaan kurs Euro ketika Renault Triber dikenalkan pertama kali dengan kondisi saat ini.

“Harga sebelumnya mengacu pada nilai tukar Rupiah terhadap Euro dalam kondisi normal. Tapi setelah adanya Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) diumumkan, nilai tukar Euro naik sekitar 15%. Tapi kalau kami mengikuti Euro, maka harga mobil akan melambung. Untuk itu kami buat kebijakan, meski Euro naik 15%, harga kami naik hanya 9%. Makanya itu naiknya kisarannya variatif tergantung tipenya,” ungkap Davy J Tuilan, COO Maxindo Renault Indonesia.

Sayangnya, pelanggan yang sudah indent lama untuk Renault Triber pun tetap terdampak kenaikan harga. Padahal, umumnya pelanggan yang sudah melakukan indent akan mendapatkan harga lama dan tidak terpengaruh dengan kenaikan harga.

“Konsumen yang sudah indent tidak bisa serta merta kembali ke harga lama. Ini karena nilai tukarnya naik sangat tinggi. Jadi yang saat ini kami bisa lakukan adalah dengan memberikan potongan harga khusus sebagai bentuk apresiasi kami kepada pelanggan,” tambahnya.

Potongan harga tersebut disebut Davy sebesar Rp 5 juta dan berlaku untuk seluruh pelanggan yang sudah indent sebelum harga baru diumumkan. Harga tersebut bisa digunakan untuk mengurangi harga mobil atau digunakan untuk mengurangi uang muka.

“Kalau pelanggan baru tidak ada promo apa-apa kecuali untuk para tenaga medis,” tegas Davy kemudian.

Saat ini, baru ada tiga varian yang hadir di Indonesia. Itupun semua bertransmisi manual. Ketiga varian tersebut baru tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta pada hari Kamis, 14 Mei 2020. Unit-unit tersebut kemudian akan dikirimkan ke dealer dan disalurkan untuk para pelanggan yang sudah indent sejak lama.

Dan berikut adalah perbandingan harga baru dan harga lama Renault Triber di Indonesia.

 

Harga Baru

Harga lama

Selisih

Renault Triber RXL M/T

Rp 169.900.000

Rp 149.000.000

Rp 20.900.000

Renault Triber RXT M/T

Rp 172.900.000

Rp 157.000.000

Rp 15.900.000

Renault Triber RXZ M/T

Rp 179.900.000

Rp 164.000.000

Rp 15.900.000

[Adi/Ari] 

Mobil123