blesscar.co.id –

JAKARTA – Toyota menaikkan harga 7 model andalan mereka di Indonesia pada April lalu di tengah melorotnya jumlah penjualan mereka awal 2020. Adapun banderol untuk Mei dan bulan-bulan selanjutnya di tengah pandemi virus Corona ini ‘masih dikaji’.

Anton Jimmi Suwandy selaku Direktur Pemasaran PT. Toyota Astra Motor (TAM), pada Kamis (30/4/2020), mengatakan pada bulan keempat tahun ini pihaknya hanya mendongkrak harga beberapa model. Berdasarkan penelusuran Mobil123.com di situs resmi, ada tujuh model yang berubah harga yakni Fortuner, Yaris, Sienta, Avanza, Calya, Avanza, Corolla Altis dan Dyna.

“Hanya slightly cost adjustment (sedikit penyesuaian harga) yang harusnya dilakukan di awal tahun,” ucap dia melalui pesan singkat kepada Mobil123.com belum lama ini.

Memasuki Mei, Anton masih belum mau berkomentar apakah akan ada kenaikan harga lagi. Ia juga tidak bersedia menjelaskan seberapa besar kemungkinan menaikkan harga lebih banyak model di tengah lesunya pasar akibat pandemi virus Corona.

“Ke depannya direview lagi. Yang Mei nanti kita lihat, ya,” tukas dia singkat.

Sekadar mengingatkan, pandemi virus Corona diketahui masuk Indonesia ketika pemerintah mengumumkannya pada 2 Maret 2020. Pasar Maret pun, berdasarkan data kuartal I Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), turun 7,2 persen dibandingkan periode yang sama sebelumnya menjadi 236.825 unit untuk wholesales.

Retail lebih parah lagi. Penurunannya 15,9 persen, menjadi 219.361 unit.

Toyota sendiri mengalami penurunan penjualan retail cukup besar. Pertama pada Februari 2020 turun 4,19 persen dibandingkan Januari. Kemudian Maret minus 25,53 persen dibandingkan Februari.

“Maret, khususnya di akhir Maret, sudah mulai ada impak dari Covid-19,” jelas Anton seperti yang Mobil123.com beritakan sebelumnya.

Faktor nilai tukar rupiah terhadap dollar AS juga sangat mempengaruhi naiknya harga mobil. Sempat menjadi Rp 16.000-an per dollar AS sejak pertengahan Maret sampai pertengahan April, kini kurs sedikit membaik dan masih bertahan di Rp 15.000-an per dollar AS.

Tercatat 7 model Toyota yang harganya terkoreksi pada April, Corolla Altis menjadi yang paling tinggi naiknya yakni Rp 31,050 juta. Selanjutnya Sienta yang naik harga Rp 12 juta.

Yaris naik Rp 8,3 juta, Dyna Rp 3 juta, Calya Rp 2,8 juta, Avanza Rp 2,5 juta. Kenaikan harga terendah terjadi pada Fortuner yaitu ‘hanya’ Rp 1,6 juta.

Toyota sendiri kini sedang menghadapi penurunan penjualan tiga bulan beruntun yaitu Februari, Maret, dan April karena pandemi Covid-19. [Xan/Ari]

Mobil123