blesscar.co.id –

MUNICH – BMW melakukan pembelaan terhadap kritikan warganet untuk gril Seri 4 Coupe terbaru. Apa kata mereka?

Kompetitor abadi Mercedes-Benz tersebut, pada Selasa (2/6/2020), memperkenalkan untuk pertama kalinya Seri 4 Coupe teranyar kepada publik dunia. Salah satu aspek paling menonjol padanya adalah gril depan berukuran amat besar plus menonjol, persis seperti pada versi konsep yang diperlihatkan pada tahun lalu.

Ternyata, gril ini menyebabkan polarisasi opini yang kuat di media sosial. Tak sedikit warganet yang mengkritik keras desainnya, dalam kolom komentar foto Seri 4 Coupe generasi kedua itu.

Beberapa di antaranya, berdasarkan pemantauan Mobil123.com di akun Instagram resmi BMW, menyebut gril itu ‘buruk’ dan ‘jelek’. Bos BMW pun buka suara.

Pembelaan langsung datang dari orang nomor satu di tim desain BMW global yaitu Domagoj Dukec. Menurut dia, inti dari desain setiap mobil BMW adalah membuat pernyataan yang kuat.

“Itu (gril yang dikritik) tak lain tak bukan benar-benar merepresentasikan BMW. Benar-benar mewakili Seri 4. Itu bukan hanya sesuatu yang logis, tapi juga punya karakter amat kuat yang membuat merek kami unik. Gril ‘Twin Kidney’ adalah ikon desain terkuat kami. Gril tersebut perbedaan terbesar kami dari mobil-mobil lain di luar sana. Kami telah menampilkan konsep desain itu dalam berbagai cara untuk membuat mobil-mobil kami menghasilkan aura tertentu,” papar dia, seperti dikutip dari situs Autocar Inggris.

Ia mencontohkan perbedaan bentuk desain gril ‘Twin Kidney’ yang mewakili aura dari masing-masing model. Pada Seri 3, lanjut Dukec, grilnya sangat horizontal karena model ini lebih rasional serta serius. Sementara, pada Seri 4, gril harus lebih menunjukkan sisi eksotisnya.

“Untuk memutuskan desain, Anda tidak bisa mendengar reaksi sosial media. Itu tidak membantu Anda. Desain adalah sesuatu yang sangat emosional dan setiap orang punya opini maupun selera berbeda. Tidak ada benar atau salah soal desain. Saat Anda melakukannya, 50 persen publik bisa menyukai dan separuh lain membencinya. Itu tak akan berubah. Apa pun yang Anda lakukan bakal ada orang yang menyukai atau membencinya. Tapi persoalan ini bukan kriteria (menentukan desain),” tambah Dukec.

Adapun kriteria menentukan desain, jelas dia, adalah menciptakan suatu keunikan, sesuatu yang menonjol dan mampu membuat pernyataan tegas. Desain produk-produk BMW mesti menunjukkan posisi spesial mereka dan desain gril Seri 4 ia yakini akan membentuk merek tersebut di masa depan.

“Dalam dua sampai tiga tahun ke depan, saya yakin ini (Seri 4 Coupe) bakal jadi produk amat kuat di luar sana dan publik, baik mereka yang suka atau sebaliknya, akan melihatnya sebagai sesuatu dengan identitas kuat,” tegas Dukec.

Seri 4 Coupe rencananya mulai dijual pada Oktober. Anda sendiri termasuk yang suka atau tidak dengan desain grilnya? [Xan/Ari]

Mobil123