blesscar.co.id – Pandemi COVID-19 telah menjadi mimpi buruk bagi dunia, termasuk di sektor otomotif. Di Indonesia, penjualan mobil dan motor pun terpengaruh kondisi ini. Selain itu, sejumlah agenda pameran otomotif pun terpaksa harus ditunda dan dibatalkan. Dan kali ini, giliran GAIKINDO Indonesia International Auto Show alias GIIAS yang akan ditunda pelaksanaanya, khusus untuk penyelenggaraan pusat di ICE BSD, Tangerang.

Mengutip informasi via CNN Indonesia, Yohannes Nangoi memberikan informasi bahwa pelaksanaan GIIAS 2020 yang sedianya akan dimulai tanggal 7 Agustus 2020 rencananya akan ditunda. Sedangkan untuk GIIAS 2020 Roadshow yang menjadi rangkaian GIIAS The Series 2020 pun akan dibatalkan. GIIAS 2020 Roadshow sendiri sedianya digelar di Surabaya pada bulan Maret 2020 silam, dan di Medan serta Makassar di paruh kedua tahun 2020 ini. Belum jelas kapan pelaksanaan GIIAS 2020 di ICE BSD akan digelar, namun jika melihat kondisi yang ada saat ini, memang cukup riskan menggelar GIIAS 2020 di bulan Agustus 2020.

Pekan ini pihak GAIKINDO sebagai tuan rumah penyelenggaraan GIIAS 2020 akan memberikan pernyataan resmi mengenai penundaan dan pembatalan acara. Pihaknya kini tengah menggodok kapan jadwal pelaksanaan GIIAS 2020 yang baru. Kami sendiri menduga pelaksanaan GIIAS 2020 nampaknya akan menyasar akhir tahun 2020. FYI, dalam pelaksanaan di tahun 2019 silam, pihak GAIKINDO berhasil menarik perhatian 472 ribu orang dalam 10 hari pelaksanaan GIIAS 2019. Jika dibagi rata, maka tiap harinya tidak kurang dari 40 ribu orang bisa menyerbu gelaran ini. Dan jelas kondisi ini sangat tidak mungkin dilaksanakan dalam waktu dekat.

Penundaan Auto Show tidak hanya dialami oleh GIIAS 2020 saja. Sejumlah Auto Show juga ikut ditunda, seperti Beijing Motor Show yang mundur ke bulan Agustus, dan Bangkok International Auto Show yang sudah 2 kali mundur pelaksanaanya. Padahal, kami juga berharap ada terobosan baru di GIIAS 2020 berupa sejumlah mobil baru yang menarik. Namun kita perlu mengingat bahwa faktor kesehatan dan keselamatan tetap menjadi prioritas utama yang harus didahulukan. Kami berharap pandemi ini bisa segera berakhir, dan kita bisa hidup normal seperti sedia kala. Oiya, selain mengundur GIIAS 2020, GAIKINDO juga sudah mengambil langkah berat lain dengan merevisi target tahunan menjadi 600 ribu unit saja.

Jadi, apa tanggapan kalian?

Read Prev:Daihatsu Siapkan Rival Jimny, Rilis Tahun Depan!
Read Next:Yamaha Nmax Club Indonesia Bagi Hand Sanitizer Gratis, Dari Aceh Sampai Papua

AutonetMagz