blesscar.co.id –

JAKARTA – Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menegaskan bahwa pihaknya akan membantu Pemerintah dalam menanggulangi wabah Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Salah satu bantuan yang akan mereka berikan adalah dengan membantu  memproduksi alat bantu napas atau ventilator. Yohannes Nangoi, Ketua Umum Gaikindo bahkan menegaskan bahwa saat ini sudah ada supplier yang sedang melakukan pengembangan ventilator.

“Ventilator yang saat ini dikembangkan oleh PT Darma sedang berada pada tahap tes daya tahan (endurance test) di BPFK Kemenkes. Setelah tahap ini selesai dan perusahaan tersebut membutuhkan komponen tambahan, industri otomotif siap bekerja sama,” ungkapnya.

Hal serupa juga ditunjukkan oleh Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI). Sekretaris Jenderal AISI Hari Budianto menjelaskan, pihaknya mendukung pengembangan produksi ventilator yang dilakukan di dalam negeri.

“AISI akan membantu dalam upaya pemenuhan rantai pasok dan berusaha melakukan lokalisasi komponen yang dibutuhkan dalam mengembangkan ventilator,” tegasnya.

Sementara itu Kementerian Perindustrian (Kemenperin) pun terus melakukan koordinasi dan memberikan dukungan kepada  tim perguruan tinggi yang sedang melakukan proses produksi ventilator. Ini dikarenakan ventilator merupakan kebutuhan yang sangat penting untuk membantu penanganan pasien Covid-19 di Indonesia.

“Pada prinsipnya, Kemenperin sangat terbuka dan mendukung tim perguruan tinggi yang saat ini sedang melakukan proses produksi ventilator. Kami akan mendukung dari sisi regulasi maupun pemberian alat bantu uji sehingga ventilator dapat dengan segera diproduksi,” ujar Taufiek Bawazier, Plt. Direktur Jenderal (Dirjen) Industri Logam Mesin Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin.

Taufiek menekankan agar ventilator yang nantinya diproduksi dapat sesuai dengan ketentuan Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Perkembangan pembuatan ventilator yang dilakukan tim dari berbagai perguruan tinggi memperlihatkan hasil positif. [Adi/Ari]

Mobil123