blesscar.co.id –

JAKARTA – Toyota Thailand resmi meluncurkan Fortuner versi facelift dengan beberapa ubahan dasar berikut fitur yang semakin lengkap.

New Toyota Fortuner 2020 mendapat penyegaran pada bagian eksterior, interior dan pilihan mesin yang lebih bertenaga. Pesaing Pajero Sport ini tampil lebir premium dengan hadirnya beberapa fitur terkini. Adapun berbagai macam ubahannya akan kami jabarkan di bawah ini:

1. Lampu

Pada Fortuner edisi terdahulu, lampu utamanya telah menggunakan Bi-Beam LED Projector dengan lampu sein di bagian tengah dekat grille. Lalu pada Fortuner 2020, bingkai lampunya terlihat lebih menyipit atau dimensinya yang kian mengecil. Sementara untuk varian standar desainnya saja yang berubah dari edisi sebelumnya. Adanya LED DRL yang melintang, memberikan kesan lebih elegan pada kendaraan.

Lalu untuk varian Fortuner Legender 2020 lampu depannya menggunakan multireflektor LED lengkap dengan LED DRL dan Bezel Foglight. Lampu belakang pada SUV bertubuh besar ini juga mengalami ubahan dari segi desain dan teknologinya. Saat ini lampu belakang Fortuner telah menggunakan LED model Foglight.

2. Grille

Jika pada model lawas grille Fortuner menggunakan gaya palang yang melintang, ubahannya saat ini paling kentara di versi teratasnya atau Legender. Bentuk grille SUV tujuh penumpang varian teratas terbagi dua. Di bagian atas bentuknya mengecil sementara pada bagian bawahnya justru membesar dengan tetap mempertahankan skid plateberkelir kontraas guna memberikan kesan garang.

Bentuk grille yang berubah baik versi standar maupun Legender, membuat desain bumper juga mengikuti. Fortuner 2020 memiliki bentuk bumper yang lebih tegas setiap lekuknya. Hal ini lebih terlihat pada varian Legender.

3. Velg

Rumah roda pada kendaraan ini mengalami ubahan desain dari model diamond cut two tone. Digantikan oleh pola desain 12-spoke yang terlihat lebih eye cathcy terutama pada varian Legender. Untuk pertama kalinya Fortuner menawarkan lingkar roda 20 inci pada varian termahal atau Legender.

Dengan ukuran velg lebih besar, ketinggian ban tentunya akan berkurang. Secara tampilan akan lebih menarik karena menyuguhkan sisi eleganitas. Namun sisi kenyamanan dari penggunaan rumah roda berukuran besar yang dipadankan ban profil tipis, tentunya akan sedikit berkurang.

4. Panel Instrumen

Masuk ke dalam kabin Fortuner 2020, terlihat kendaraan bertubuh besar ini menawarkan informasi yang lebih menarik. Meskipun masih menggunakan model jarum alias analog, namun pihak manufaktur asal Jepang ini memberikan sedikit nuansa berbeda, melalui permainan warna dan font.

5. Fitur Elektronik

Fitur-fitur terkini pada Fortuner 2020 meliputi sambungan Apple CarPlay dan Android Auto. Lalu Toyota juga membenamkan pengisian baterai gawai secara wireless berikut tombol pengotrol AC dual zone. Pada varian teratas yaitu Legender, terdapat ambient light LED yang kerap ditemui pada mobil-mobil mewah.

Fortuner 2020 untuk pertama kalinya disematkan Toyota Safety Sense. Di dalamnya terdapat berbagai fitur keselamatan aktif seperti Emergency Brake, Cruise Control dengan 6 titik sensor dan Lane Departure Alert.

6. Mesin

Urusan jantung mekanis, Fortuner 2020 tetap mengandalkan mesin 2.4-L pada varian bawahnya relatif sama dengan versi lawasnya. Sementara untuk varian Legender, ditawarkan mesin 2.8-L turbodiesel yang lebih gahar semburan tenaganya.

Jika pada mesin lawas daya maksimum yang bisa dihasilkan hanya 174 hp dengan torsi puncak mencapai 450 Nm. Maka pada mesin terbarunya dengan kapasitas 2.800 cc mampu memuntahkan daya maksimal 201 hp dengan dorongan torsi puncak mencapai 500 Nm.

Toyota Fortuner 2020, kembali membuka genderang perang terhadap Pajero Sport yang pada akhir tahun lalu telah mendapat penyegaran. Persaingan kedua SUV tujuh penumpang ini khususnya di Indonesia cukup sengit. [Dew/Ari]

Mobil123