blesscar.co.id –

JAKARTA – Sudah banyak pilihan mobil bekas Suzuki berbanderol Rp 100 juta-an yang beredar di pasar. Bahkan, ada model produksi ‘tahun muda’ yang sudah bisa dibeli seharga itu.

Hal itu terungkap dalam Diskusi Virtual Forum Wartawan Otomotif (Forwot) baru-baru ini dengan perwakilan Suzuki Auto Value, dealer mobil bekas resmi Suzuki di Indonesia. Hendro Kaligis, Business Development Head PT. Suzuki Indomobil Sales, mengatakan dengan Rp 100 juta saja masyarakat Jakarta dan sekitarnya sudah bisa membeli macam-macam mobil seken bermerek itu.

“Saya bilangnya maksimum Rp 100 juta-an, ya. Berarti yang di bawahnya juga masih ada,” ucap dia.

Di antaranya adalah Ertiga keluaran 2012. Ertiga keluaran tahun itu masih memiliki pendingin udara dengan spesifikasi single blower.

“Kecuali untuk tipe GA yang sampai sekarang masih single blower. Untuk tipe itu, sampai produksi 2014 – 205 juga masih ada yang di bawah Rp 100 juta,” tukas Hendro.

Pilihan lain adalah Karimun Wagon R. Ini adalah low cost green car (LCGC) dari Suzuki.

“Kalau Wagon R ini banyak sekali yang di bawah Rp 100 juta. Saya pikir sampai tahun produksi 2018 juga semuanya di bawah itu. Kecuali tipe matik AGS. Tipe itu, tahun mudanya, masih di atas Rp 100 juta,” paparnya.

Swift seken juga sudah bisa dibeli dengan murah. Bahkan, tahun produksinya relatif muda.

“All-New Swift (terakhir dijual di Indonesia 2017—red) yang Rp 100 juta ke bawah juga masih ada tapi untuk tipe GL. Tipe GX jarang di bawah itu,” beber Hendro lagi.

Opsi tak berhenti sampai di situ. Masih ada sekennya Splash serta SX-4 yang secara umum sudah seharga itu, APV produksi 2015, Baleno sedan, Grand Vitara 2.000 cc, Grand Vitara 2.400 cc produksi 2008.

“Mobil lain yang di bawah Rp 100 juta itu Celerio. Ini bisa jadi mobil koleksi, nih. Produksinya, kan, saaat itu yang masuk Indonesia hanya setahun. Jumlahnya hanya sedikit. Mesinnya 1.000 cc tapi transmisi sudah matik CVT. Saya belum menemukan mobil 1000 cc CVT di Indonesia. Jadi mungkin Celerio satu-satunya mobil 1.000 cc CVT di sini,” tutup Hendro. [Xan/Ari]

Mobil123