Di masa krisis ini banyak orang yang kesulitan keuangan. Baik pengusaha, maupun karyawan dari perusahaan terancam terkena PHK.

Jakarta, blesscar.co.id  –  Banyaknya pengangguran menyebabkan sebagian masyarakat berputar otak untuk melakukan cara apapun untuk bertahan hidup, termasuk bertindak kejahatan. Tiap harinya kita bisa melihat berbagai berita mengenai pembegalan dan pencurian yang semakin marak terjadi di sekitar kita.

Maka dari itu, sebagai pengendara motor, anda harus ekstra berhati-hati dan tetap waspada untuk dapat selamat dari ancaman para penjahat.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa anda aplikasikan untuk tetap menjaga keamanan dan keselamatan anda di jalan.

  1. Jangan pernah gunakan handphone pada saat mengendarai motor

Hal pertama yang bisa anda terapkan untuk bisa tetap aman dan selamat pada saat mengendarai sepeda motor adalah tidak menggunakan handphone. Selain berbahaya bagi fokus anda, penggunaan handphone pada saat menyetir juga dapat menyebabkan adanya kesempatan bagi para penjambret. Jadi, tetap simpan handphone anda di dalam tas sampai anda tiba di tujuan.

Jangan menggunakan handphone saat berkendara

  1. Jika memungkinkan, jangan pakai tas jinjing saat bepergian

Seringkali yang menjadi korban penjambretan adalah ibu-ibu yang kerap kali membawa tas jinjing untuk berbelanja atau berangkat kerja. Tas jinjing sangat berbahaya, terlebih lagi pada saat anda mengalami musibah penjambretan. Tas ini mudah untuk ditarik oleh menjambret. Dan bahayanya, adanya tarikan ini dapat membuat anda jatuh dari kendaraan.

Hal ini tentu sangat berbahaya, dan anda perlu mempertimbangkan untuk membawa tas ransel atau dompet kecil yang bisa disimpan di jok motor pada saat berbelanja.

  1. Hindari jalanan yang lengang

Tindakan kriminal terjadi bukan karena hanya ada niat dari pelakunya, namun juga karena kesempatan. Untuk bisa menghindari kejadian yang tidak diinginkan, ada baiknya anda melalui jalan yang lebih ramai daripada jalanan yang semi. Kawanan penjahat biasanya akan beroperasi pada wilayah yang sepi untuk menghindari masa. Maka dari itu, berkendara di wilayah yang sepi sangat membutuhkan kehati-hatian yang ekstra untuk bisa menghindari perilaku kejahatan.

Comments

0 comments


Click to comment

Leave a Reply

Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Okezone