blesscar.co.id –

JAKARTA – Bioskop drive-in akan ada lagi di Jakarta. Pertanyaannya apakah ada film baru yang akan diputar ?.

Beragam cara dilakukan saat ini untuk dapat tetap terhibur di tengah pandemi Corona. Di Jakarta, salah satu yang sedang hangat dibicarakan adalah menghadirkan kembali drive-in alias menonton film dari dalam mobil.

Adalah Ergo & Co, sebuah event organizer di Jakarta Selatan yang mengutarakan niat tersebut melalui akun Instagram mereka. Dalam postingannya disebut mereka menjanjikan akan menghadirkan hiburan berupa tontonan film terbaru tanpa melanggar aturan social distancing.


Niat ini tentunya tidak luput dari komentar nitizen. Pro dan kontra pun bermunculan, seru untuk disimak. Mereka terbagi jadi kelompok yang memang butuh hiburan dan juga kelompok peduli dengan penanggulangan penyebaran penyakit Covid-19.

Mobil123 sendiri beberapa bulan lalu sudah memberitakan fenomena drive-in di Amerika Serikat pada awal pandemi Corona. Saat itu disebutkan eskalasi pengunjung pada jenis tontonan ini meningkat cukup tajam. Ini tentu tidak lepas dari ditutupnya banyak bioskop untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona.

Bioskop-bioskop drive-in di beberapa wilayah Amerika seperti California, Kansas, Oklahoma dan Missouri kebanjiran pengunjung. Namun demikian, hiburan jenis ini masuk dalam kategori grey area karena ada potensi orang untuk berinteraksi.

Seiring berjalannya waktu, banyak pengusaha drive-in yang kemudian sadar. Mereka berfikir bahwa risiko tetap memberikan hiburan kepada masyarakat ini tidak sebanding dengan penyebaran virus Corona yang makin lama makin dasyat, tidak hanya di Amerika Serikat tapi di seluruh dunia.

Ada pengusaha yang kemudian memutuskan untuk menutup drive-in miliknya. Seperti contohnya Skyline Drive-in di Barstow, California yang telah mengumumkan tutup sementara.

Yang menarik, selain dengan alasan pencegah penyebaran, rupanya ada masalah lain harus dihadapi oleh para pengusaha drive-in yakni mulai berkurangnya stok film baru. Belakangan, studio film telah berhenti mengirimkan film baru karena memang produksinya banyak yang ditunda. 

Seperti kita ketahui beberapa film terbaik yang diproduksi tahun 2020 terpaksa ditunda peluncurannya karena wabah Corona. Contohnya James Bond: No Time to Die demikian juga Mission Imposible 7 dan masih banyak film-film box office lainnya.

Kembali ke Ergo & Co, mungkin ada baiknya kita menunggu perkembangan selanjutnya atas rencana ini. Tentunya ada beragam proses yang harus dilewati seperti perijinan dan lainnya untuk dapat bisa membuat acara di tengah Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jakarta.

Lainnya, drive-in sendiri di Indonesia khususnya Jakarta tergolong kurang populer. Hanya pernah ada Theatre Mobil di Ancol pada era 70-80an, belakangan nyaris tak terdengar lagi ada pilihan hiburan ini.

Bisa jadi setelah bioskop-bioskop tutup, drive-in bisa menjadi alternatif hiburan baru. Tapi kembali lagi ke pertanyaan di atas, film barunya mana?. [Ari]

Mobil123