blesscar.co.id –

BLACKPOOL – Tesla Model 3 di Inggris dilaporkan rusak cukup fatal padahal baru sebulan digunakan oleh konsumennya.

Jason Tuatara pemilik Tesla Model 3 melaporkan kejadian yang dialaminya yakni tiba-tiba setir mobilnya copot. Hal ini bisa dilihat langsung kondisi setir tersebut di akun Twitter sang pemilik.   

Pada gambar tampak setir terlepas dari kolom kemudi. Kerusakan ini tentu mengherankan karena mobil baru satu bulan di tangan pemiliknya dan tampak tidak ada kejadian serius seperti benturan keras yang menyertainya.

“@Elonmusk Steering wheel jatuh hari ini! Khawatir bahwa sisa mobil akan runtuh juga! Apakah ini dapat dilihat mengapa itu terjadi pada mobil yang baru berusia lebih dari 1 bulan! #TeslaServiceIssues,” posting Jason di akun Twitter pribadinya.

Dalam keterangan lainnya, Jason menerima Pengiriman Tesla Model 3 ini pada 20 Maret 2020. Serah terima sendiri dilakukan di rumahnya di Blackpool, Inggris.

Kemudian pada tanggal 26 April 2020 insiden copotnya setir ini terjadi. Padahal mobil tergolong sangat jarang digunakan mengingat terjadi krisi penyebaran virus Corona di Inggris, praktis baru jalan 32 km saja.

Jason sendiri kemudian menghubungi dealer Tesla dan kemudian langsung ditangani. Tampak pada postingan Jason yang menampilkan foto Tesla Model 3 berwarna putih miliknya sedang di towing.

“Tesla mengkonfirmasi bahwa setir tidak terpasang dengan benar alias tanpa baut. Dan mereka melihat kesahalan ini terjadi pada proses produksi,” kata Jason. 

Jason juga menambahkan bahwa The Driving and Cecile atau lembaga standar mengemudi di Inggris juga tengah melakuakan penyelidikan penuh. Ini tentu terkait dengan kerusakan yang cukup fatal, tak terbayang jika ini kondisi ini terjadi saat mobil melaju di jalan.

Sampai berita ini diturunkan, belum ada stantemen resmi dan terperinci soal kasus ini. Hal ini tentu harus segera diklarifikasi resmi oleh Tesla agar beita tidak menjadi liar.

Berita ini tentu membuat car enthusiast bertanya-tanya, kenapa Tesla bisa begitu kecolongan. Mereka juga mempertanyakan bagaimana quality control dari produksi Tesla dan tentu ini terkait dengan kualitas.

Tesla Model 3 sendiri memiliki akselerasi yang cukup cepat. Dari berbagai varian, rata-rata mobil ini bisa melaju menempuh kecepatan 0-100 km/jam dalam waktu sekitar 5 detik dengan kecpatan maksimal direntang 233 km/jam – 261 km/jam. Tak ketinggalan, dalam kondisi batre penuh bisa menempuh jarak hingga kurang lebih 500 km.

Di Indonesia sendiri, Tesla Model 3 menjadi cukup dikenal salah satunya karena dibeli oleh artis Deddy Corbuzier. Harga yang ditawarkan pada Tesla Model 3 ada dikisaran Rp 1 miliar dan karena menggunakan motor listrik, mobil ini memilki imunitas dari peraturan ganjil-genap. [Ari]

Mobil123