blesscar.co.id –

Banyak anak muda tidak mampu membeli mobil pertama mereka jika bukan karena ketersediaan pembiayaan mobil bekas. Mereka hanya tidak punya uang tunai untuk membeli mobil secara langsung. Untungnya, memperoleh pembiayaan seperti itu dengan tingkat bunga yang sangat wajar tidaklah sulit. Anda hanya perlu melakukan riset dan mengikuti langkah-langkah sederhana ini.

Saat Anda menelusuri iklan mobil bekas, Anda pasti akan menemukan apa yang tampak seperti ketersediaan pinjaman mobil yang sangat fantastis dari dealer mobil itu sendiri. Anda akan melihat tawaran nol persen, tawaran pembayaran rendah yang tampaknya terlalu bagus untuk menjadi kenyataan. Tentu mereka! Iklan ini dimaksudkan untuk menyesatkan Anda, membuat Anda masuk dan melamar, dan akhirnya mendapatkan pinjaman 10 hingga 18 persen di atas tarif standar! Ya, penawaran bebas bunga tersedia, tetapi hanya jika Anda memiliki kredit yang sempurna. Sebagian besar pembeli mobil bekas tidak termasuk dalam kategori ini. Secara umum, suku bunga kredit mobil bekas melebihi suku bunga mobil baru dengan rata-rata beberapa poin persentase.

Salah satu cara untuk mengurangi biaya ini adalah dengan mendapatkan pinjaman Anda melalui perusahaan keuangan khusus daripada melalui dealer mobil atau bank biasa Anda. Lembaga-lembaga ini umumnya memiliki kebijakan peminjaman yang lebih liberal. Pemberi pinjaman, bagaimanapun, akan meminta bukti nilai mobil, dan uang muka 20 persen. Ini normal dan tidak boleh dianggap sebagai permintaan yang mencurigakan. Kedua peraturan ini dirancang untuk memberi pemberi pinjaman margin keamanan, jika pinjaman tersebut gagal bayar. Jika itu terjadi, satu-satunya jalan bagi pemberi pinjaman adalah di agunan, yaitu mobil. Oleh karena itu, mereka secara alami memiliki kepentingan untuk mengetahui bahwa Anda tidak membayar terlalu banyak untuk mobil tersebut, dan bahwa setidaknya 20 persen dari nilainya tetap berlaku bahkan jika default terjadi segera. Ini sebenarnya juga merupakan keuntungan bagi Anda. Ada seseorang yang mengawasi Anda saat transaksi, memastikan itu adalah kesepakatan dan harga yang terhormat untuk kendaraan dalam keadaan dan kondisinya saat ini.

Sebelum Anda mengajukan pembiayaan, lakukan pemeriksaan kredit pada diri Anda sendiri. Ini akan membantu Anda menentukan apa yang harus Anda mampu dan harus ditawarkan. Terkadang Anda mungkin menyadari sebelum Anda benar-benar memulai bahwa kredit mobil bekas tidak terjangkau untuk Anda. Ini bisa jadi karena nilai kredit yang rendah, ketidakmampuan untuk memenuhi persyaratan uang muka, atau masalah asuransi. Mengetahui hal ini penting, karena institusi online akan menggoda Anda dengan penawaran satu hari. Jangan tertipu! Meskipun ada peringatan yang mengerikan tentang kedaluwarsa penawaran, pemberi pinjaman ini akan ada di sana besok dengan penawaran fantastis lainnya untuk Anda! Tunggu hingga Anda merasa nyaman dengan jumlah dan persyaratannya. Ini tidak sebanding dengan kehancuran yang dapat dimainkan oleh default pinjaman pada sejarah kredit Anda untuk mengambilnya sekarang ketika Anda tidak yakin Anda dapat membayarnya kembali sesuai kebutuhan.

Perhatian lain dengan pinjaman mobil dan transaksi keuangan lainnya – simpan semua dokumen Anda dengan baik. Jika Anda mendapatkan pinjaman secara online, cetak salinan semuanya dan simpan di tempat yang aman. Jangan pernah menandatangani apapun yang tidak Anda mengerti sepenuhnya. Ajukan pertanyaan sampai Anda mengerti. Bicaralah dengan profesional pihak ketiga untuk mendapatkan sudut pandang yang berbeda. Tanggung jawab Anda adalah melindungi kepentingan Anda sendiri. Jangan berharap pemberi pinjaman melakukannya untuk Anda. Pemikiran seperti inilah yang menyebabkan krisis hipotek saat ini di Amerika Serikat.

Satu nasihat terakhir: Segera setelah Anda mendapatkan pinjaman mobil bekas, pertimbangkan untuk melakukan refinancing, terutama jika Anda tidak bisa mendapatkan tingkat bunga nol hingga tiga persen. Situs refinancing biasanya memiliki kalkulator sehingga Anda dapat menghitung total tabungan Anda. Jika Anda bisa mendapatkan poin persentase berdasarkan kontrak Anda saat ini, itu sepadan.

Sumber: (1 )