Seringkali anak-anak merasa jenuh dan stress saat perjalanan panjang atau mudik, berikut tips dari Autos2000 untuk mengatasinya!

Jakarta, blesscar.co.id  –  Perjalanan libur akhir tahun pastinya menguras stamina, terutama untuk anak kecil. Padahal, Anda masih harus balik ke kota untuk kembali beraktivitas. Memang, mobil seperti Toyota Rush dan Toyota Kijang Innova terasa nyaman di jalan. Namun, lamanya perjalanan liburan yang sudah dimulai sejak ‘tahun lalu’ itu pasti membuat mereka jenuh.

Di sini dibutuhkan strategi supaya si kecil tetap nyaman dalam perjalanan pulang. Jangan sampai dia bosan dan malah uring-uringan.

Yang terpenting adalah persiapkan mainan kesayangannya. Masukkan ke dalam satu wadah khusus sehingga mudah untuk dicari dan tidak berantakan.

Cobalah rute baru seharusnya bikin mereka tertarik. Misal, saat libur lewat tol trans Jawa, saat balik bisa lewat jalur pantai selatan (pansela) yang sarat pemandangan indah. Jangan lupa pula sediakan camilan dan minuman kesayangannya yang cukup. Hindari minuman bersoda karena memancing untuk buang air kecil.

Kalau ada in-car entertainment, bisa dimanfaatkan untuk memutar film kesukaannya. Siapkan pula list lagu untuk variasi dimainkan di jalan. Hidupkan suasana dengan melakukan interaksi dengan anak kesayangan. Misalnya dengan tebak-tebakan arti rambu lalulintas. Ini juga membantunya paham aturan di jalan sejak dini.

Bisa juga dengan mendiskusikan tentang hal menarik di kota yang dilewati. Bisa mengenai sejarahnya, bila kebetulan melalui landmark yang bersejarah. Adakan permainan ringan sehingga anak-anak tidak mudah bosan. Berikan hadiah ringan seperti permen agar mereka tetap semangat bermain.

Intinya adalah buat anak agar tidak mudah bosan dan dapat menikmati perjalanan. Manfaatkan waktu yang hilang saat terjebak macet untuk melakukan permainan ringan.

Usahakan pula agar anak Anda tidak asyik sendiri dengan gadget-nya sehingga malah membuat mereka cepat bosan saat gadget tersebut mulai terasa menjemukan. Sesekali ingatkan kesayangan untuk istirahat tidur agar tidak mudah lelah. Namun jangan dipaksa karena malahan akan membuat mereka rewel.

Comments

comments







Okezone