blesscar.co.id –

JAKARTA – Wuling Motors berikan tips kepada konsumennya untuk melakukan mengecek atau meberikan perhatian pada  5 komponen berikut ini setelah mobil jarang digunakan.

Sejak pertama kali ditemukan kasus Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Indonesia dan pemberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), mobilitas masyarakat langsung menurun dalam masa Work From Home (WFH). Akibatnya, kendaraan banyak yang terparkir di rumah tanpa digunakan.

Meski hanya terparkir, rupanya ada beberapa komponen atau bagian mobil yang harus mendapat perhatian khusus. Terlebih sebelum digunakan kembali untuk beraktifitas atau menyambut era new normal seperti saat ini.

Dan berikut ini adalah 5 komponen mobil yang disarankan oleh Wuling Motors untuk dicek sebelum sang pemilik melakukan aktivitas serta rutinitasnya sehari-hari.

1. Ban
Terlalu lama menetap di posisi yang sama membuat beban kendaraan bertumpu pada satu titik. Lama kelamaan bentuk penampang ban mobil menjadi tidak standar. Oleh karena itu Anda bisa mengecek tekanan udara pada ban.

Beruntung bagi para pemilik mobil-mobil Wuling karena sudah memiliki fitur Tire Pressure Monitoring System (TPMS). Fitur itu memungkinkan pengendara mengecek tekanan ban melalui layar MID, sehingga pengemudi tahu kondisinya sebelum digunakan.

2. Rem
Karat pada permukaan rem berpotensi muncul ketika mobil tak digunakan dalam waktu lama, terlebih jika Anda membiarkan penggunaan rem parkir (rem tangan) terlalu lama. Penggunaan rem parkir terlalu lama mengakibatkan kampas rem dan rotor menempel erat.

Bila mobil tak digunakan hingga satu bulan lamanya, sebaiknya rem parkir tak diaktifkan. Jika sudah terlanjur melakukannya pastikan kinerja rem bekerja dengan baik kembali sebelum memulai perjalanan.

3. Aki
Aki adalah komponen yang sangat sensitif untuk bermasalah ketika mobil lama tidak digunakan. Pada kondisi ini biasanya aki bisa mengalami discharging atau pengurangan daya sendiri.

Ini tentu bisa membuat Anda akan kesulitan untuk menghidupkan mobil karena aki kekurangan daya setelah lama dibiarkan menganggur. Ada baiknya untuk melepas koneksi kabel aki supaya meminimalisir proses discharging pada aki.

Jangan lupa juga untuk mengecek secara fisik kondisi aki. Apabila sudah terlalu banyak kandungan acid yang menempel pada konektor aki, sebaiknya segera dibersihkan karena dapat mengganggu konektivitas aki dengan sistem kelistrikan mobil Anda.

4. Cairan
Bila mobil terdiam dalam waktu yang cukup lama selama masa #dirumahaja dikhawatirkan terjadi pengendapan pada cairan-cairan seperti oli mesin, oli transmisi serta cairan pendingin. Tak cuma itu, bahan bakar mobil juga bisa menguap akibat didiamkan terlalu lama.

Oleh karena itu disarankan untuk tetap memanaskan kendaraan dengan kondisi mesin menyala selama 1-3 menit pada posisi idle minimal 3 kali dalam seminggu.

5. Hama
Pengecekan tidak hanya dilakukan pada bagian internal mobil melainkan juga eksternal. Mobil yang didiamkan terlalu lama bukan tidak mungkin dihinggapi tikus dan juga binatang lainnya. Siapkan pembasmi hama dan semprotkan di sekitar mobil Anda untuk mengurangi risiko yang disebabkan oleh hama tersebut.

Selain itu, selama #dirumahaja, Wuling juga mempersembahkan beragam program  memudahkan konsumennya yang ingin Test Drive & Service di rumah. Melalui Program ‘Nyaman dengan Wuling #dirumahaja’, konsumen yang ingin Test Drive & Service di rumah, bisa melakukan booking terlebih dahulu secara online melalui My Wuling+. [M123]

Mobil123