blesscar.co.id –

Membeli mobil bekas bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan. Lagi pula, biaya kendaraan cenderung jauh lebih murah daripada mobil baru, dan orang dapat menemukan banyak hal pada model mobil apa pun dengan sedikit kerja. Namun, cukup mudah bagi pembeli yang tidak berpengalaman untuk dimanfaatkan. Berikut adalah tiga tip cepat yang dapat membantu bahkan pembeli mobil pertama kali membuat pilihan yang tepat.

Lakukan Riset Anda

Mungkin bagian terpenting dari membeli mobil bekas adalah mengetahui apa yang harus dicari di dalam kendaraan. Pembeli yang baik tidak hanya akan memiliki gagasan tentang seperti apa rupa kendaraan itu secara kosmetik, tetapi juga masa pakai mobil yang realistis. Misalnya, Mercury Cougar dengan jarak sembilan puluh ribu mil akan berada di akhir masa pakainya, sementara truk Dodge mungkin memiliki jalan yang cukup baik.

Pastikan Anda mengetahui sesuatu tentang fitur-fitur umum pada kendaraan, masa pakainya yang realistis, dan tanda-tanda umum keausan. Ditambah dengan pengetahuan yang diinformasikan tentang harga mobil yang realistis, hal ini dapat membantu pembeli yang cerdas mendapatkan penawaran yang cukup bagus.

Lihat Sejarahnya

Salah satu masalah utama yang dihadapi banyak pembeli dengan kendaraan bekas adalah fakta sederhana bahwa orang sering tidak tahu apa yang dialami mobil tersebut sebelum membeli. Untungnya, ada beberapa cara untuk mengetahui sejarah kendaraan sebelum melakukan pembayaran uang muka. Pertama dan terpenting, seseorang harus meminta beberapa jenis laporan sejarah mobil – yang paling umum adalah dari CarFax, tetapi ada beberapa laporan lain yang tersedia.

Jika seseorang tidak dapat menemukan riwayat pihak ketiga semacam ini, Anda harus bertanya kepada penjual secara langsung tentang riwayat mobil tersebut. Jika jawabannya adalah “dalam kondisi sempurna” atau sesuatu yang sama tidak realistisnya, penjual mungkin menyembunyikan cacat besar. Ini adalah situasi utama di mana seseorang harus menggunakan naluri mereka di atas promosi penjualan.

Jangan Takut Untuk Pergi

Pembelian mobil baru umumnya merupakan permainan memberi dan menerima yang sangat hati-hati, tetapi pembelian mobil bekas cenderung mendapat manfaat dari gerakan dramatis. Kendaraan bekas cenderung memiliki markup lebih banyak daripada mobil baru, dan dengan demikian dealer cenderung memiliki lebih banyak kebijaksanaan dalam menetapkan harga. Jika harga yang Anda temukan jauh lebih tinggi daripada nilai buku biru kendaraan tersebut, sekarang saatnya untuk pergi.

Bahkan, harga apa pun yang terdengar mencurigakan harus segera didiskon. Dealer mencari nafkah dari membeli rendah dan menjual tinggi, dan mereka berhak mencoba mendapatkan uang sebanyak mungkin untuk kendaraan bekas tertentu. Sebagai konsumen, tugas Anda adalah menemukan harga yang sesuai untuk Anda dan dealer. Jika Anda tidak dapat mencapai kompromi yang dapat diterima, bersedialah untuk pergi.

Sumber: (1 )