blesscar.co.id –

CANBERRA – Lego bernama ‘Mount Hondarama’ butuh waktu pengerjaan tak main-main, dengan jumlah keping yang luar biasa banyak.

Honda, seperti dikutip dari Carscoops pada Selasa (2/6/2020), berkolaborasi dengan ‘Suhunya’ Lego yaitu Ryan McNaught untuk membuatnya. Lelaki dengan julukan ‘The Brickman’ itu merupakan Lego Certified Professional, alias penyusun Lego yang sudah tersertifikasi secara resmi oleh produsennya.

Lego itu sebenarnya menunjukkan Sirkuit Mount Panorama di Australia dalam skala lebih kecil. Akan tetapi, sirkuit tersebut disulap menjadi bertema Honda dari berbagai sisi.

Selain tentu saja memperlihatkan trek balap, Mount Hondarama terdiri dari sebagian model ikonik Honda dari masa lalu. Ada pula mobil-mobil remote control Lego, model-model masa kini, sepeda motor, dealer plus bengkel resmi, mobil Formula One Honda, power equipment, sampai pesawat HondaJet.

McNaught tidak membangunnya seorang diri. Ia mengajak tujuh orang untuk membantu.

Dengan tim yang terdiri dari delapan orang, mereka masih membutuhkan waktu 650 jam. Mereka juga memerlukan 150 ribu keping Lego untuk mendirikannya.

Mount Hondarama terbentang sepanjang 3,3 meter, dengan lebar 1,8 meter. Bobotnya mencapai 210 kg.

Menurut McNaught, tantangan terbesar dalam membuat Mount Hondarama adalah banyaknya bagian-bagian bergerak.

“Bagian-bagian bergerak adalah aspek paling menantang dalam Lego, terlebih lagi ada mobil-mobilan yang benar-benar bisa dikendalikan untuk balapan di dalam model Lego ini,” tandas dia.

McNaught dan tim sendiri memiliki misi untuk membuat Mount Hondarama menarik perhatian publik saat dilihat. Ini dilakukan dengan membuat banyak detail spesial maupun hal-hal menarik.

“Salah satu hal menakjubkan dari Lego adalah Anda bisa membuat imajinasi menjadi kenyataan dan itu pula yang bisa terjadi melalui semua produk Honda,” tukasnya sedikit berpromosi.

Sirkuit Mount Panorama sendiri tempat spesial bagi Honda. Di sini, Civic Type R mampu menorehkan rekor putaran tercepat bagi mobil berpenggerak roda depan tahun lalu.

Catatan waktunya di sirkuit sepanjang 6,2 km itu adalah 2:35:207. Pebalap di balik setir kemudi adalah mantan Juara Dunia F1 Jenson Button.

Pada 2019, Lego dan Honda juga menciptakan replika skala 1:1 Civic Type R. Saat itu, McNaught bersama delapan orang lainnya menggunakan lebih dari 320 ribu keping dengan waktu pengerjaan melampaui 1.300 jam. [Xan/Ari]

Mobil123